Follow Us

Bisa Buat Obatin Stress, Ini Es Krim Sayur Buatan Mahasiswa UNY, Manfaatnya Banyak!

Al Sobry - Jumat, 12 Februari 2021 | 14:03
Bisa Buat Obatin Stress, Ini Es Krim Sayur Buatan Mahasiswa UNY, Manfaatnya Banyak!

Bisa Buat Obatin Stress, Ini Es Krim Sayur Buatan Mahasiswa UNY, Manfaatnya Banyak!

Untungnya nih, gabungan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) baru aja menggagas sayuran yang dipadukan dengan es krim. Motivasinya biar makin banyak anak yang suka maka sayuran berbalut es krim.

"Es krim ini banyak disukai anak-anak, namun di sisi lain juga timbul keprihatinan karena anak-anak jarang mau mengkonsumsi sayuran," kata Aji perwakilan mahasiswa UNY yang menggagas es krim sayuran ini.

Dengan memiliki latar belakang itulah mahasiswa UNY membuat terobosan kolaborasi unik antara es krim dengan sayuran ini.

Dikutip HAI dari Kompas edukasi, para mahasiswa itu adalah Marliyoda Aji Pangestu dan Rahardian Haditama dari Prodi Teknologi Pendidikan, serta Moh. Zuhud Tahriri dari Prodi Manajemen Pendidikan.

Menurut Aji, es krim adalah sebuah makanan beku yang umumnya dibuat dari produk susu seperti krim digabungkan dengan perasa dan pemanis.

"Campuran (sayur) ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar," ujarnya seperti dikutip dari laman UNY, Kamis (11/2/2021).

Dijelaskan Aji juga, nantinya es krim sayuran ini bermanfaat untuk banyak hal, diantaranya mengurangi rasa tertekan atau stres, kaya akan kalsium, meningkatkan kekebalan tubuh, nambah vitamin, mengandung protein dan kaya akan gizi lainnya.

Baca Juga: Yeay, Mau Jadi Content Creator? Kampus UMKT Punya Prodinya

Es krim ini merupakan salah satu inovasi baru yang bagus untuk diimplementasikan bagi anak-anak, karena selain harganya murah bahan-bahannya juga mudah ditemukan.

Dengan cara membuatnya sangat sederhana dan mudah untuk ditambah variasi seperti menambahkan topping berupa oreo, jelly, buah, keju, dan saus cokelat sehingga dapat menambah selera makan anak.

Untuk membuatnya, Moh. Zuhud Tahriri menjelaskan, bahan yang dibutuhkan berupa:

  • susu lowfat
  • susu sachet
  • gula pasir
  • garam
  • topping
  • sayuran
"Alat yang dipakai yaitu freezer, blender, sendok dan tempat adonan," katanya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest