Follow Us

Udah Ngampus tapi Pengen Nyoba Ngerasain Kuliah di Amerika Satu Semester? Simak Caranya!

None - Kamis, 11 Februari 2021 | 13:16
Ilustrasi perkuliahan
Pixabay/nikolayhg

Ilustrasi perkuliahan

HAI-Online.com - Ada kabar gembira nih guys bagi kalian mahasiswa S1 Indonesia yang pengen ngerasain kuliah di luar negeri, khususnya Amerika Serikat dengan waktu yang singkat.

Buat nyoba hal itu, kalian bisa ikutan Program Pertukaran Sarjana Global (Global UPGRAD) yang ngasih beasiswa kuliah satu semester untuk studi akademis non-gelar di perguruan tinggi Amerika Serikat.

Kalian yang mengikuti program tersebut bakal didaftarkan dalam kursus yang dipilih dari kurikulum yang kampus Amerika miliki.

Baca Juga: Yeay, Mau Jadi Content Creator? Kampus UMKT Punya Prodinya

Lewat program ini, peserta akan mendapatkan fasilitas perumahan kampus bareng teman-teman Amerika. Mereka juga bakal diminta untuk berpartisipasi dalam 20 jam pelayanan masyarakat.

Benefit tersebut udah termasuk perjalanan internasional, uang sekolah, kamar dan pondokan, asuransi kecelakaan atau sakit, gaji bulanan dan dana untuk buku.

Nah, buat kalian yang berminat, simak nih persyaratannya.

  • Warga negara Indonesia.
  • Berusia di atas 18 tahun.
  • Mendaftar di program sarjana penuh waktu (S1/D4) di Indonesia. Setelah menyelesaikan minimal satu semester studi dan memiliki setidaknya satu semester lagi untuk diselesaikan di institusi asal mereka setelah kembali dari mengikuti program ini.
  • Preferensi akan diberikan kepada mereka yang berada di semester ketiga hingga semester kelima.
  • Menunjukkan potensi kepemimpinan melalui kerja akademis, keterlibatan komunitas, dan kegiatan ekstrakurikuler.
  • Menunjukkan kemampuan Bahasa Inggris baik secara lisan dan tulisan sebagaimana dibuktikan oleh skor TOEFL ITP atau TOEFL Prediksi terbaru (kurang dari dua tahun) baru-baru ini sebesar 500 atau iBT 48. Berkomitmen untuk kembali langsung ke Indonesia setelah menyelesaikan program.
Baca Juga: Mitsui Bussan Buka Program Beasiswa S1 ke Jepang Bagi Lulusan SMA hingga 19 Februari

Untuk prosedur pendaftarannya, kalian bisa lihat di bawah ini.

  • Kandidat harus melengkapi aplikasi online, yang hanya dapat diakses mulai 4 Januari 2021, hingga batas waktu yang diperpanjang 15 Maret 2021.
  • Persyaratan Pengiriman (disediakan dalam bahasa Inggris)
  • Dua surat referensi, satu dari dosen dari bidang studi pelamar, yang lain dari dosen lain, atasan, pelatih, atau pengawas pekerjaan komunitas.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Indonesia (KTP)
  • Laporan kemajuan / transkrip universitas terbaru dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
  • Transkrip dan materi lainnya harus disiapkan sebelum batas waktu karena Anda tidak akan dapat menambahkan informasi tambahan pada formulir aplikasi online setelah tanggal tersebut.
  • Setelah aplikasi online dikirimkan, kandidat harus memberi tahu staf di AMINEF melalui email dengan melampirkan skor Prediksi TOEFL ITP atau TOEFL yang dipindai ke info.scholarship@aminef.or.id, dengan subjek email, [Nama Lengkap Anda] - Lengkap Global Formulir UGRAD Online.
Pengiriman online materi aplikasi untuk program ini berlaku sampai 15 Maret 2021.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, IPB Terapkan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Secara Online

Sebagai catatan, persyaratan khusus untuk program Indonesia mungkin aja berbeda dari rincian di situs World Learning. Nah pelamar dari Indonesia diminta mengacu pada persyaratan di atas saat melamar program ini.

Kalo kalian punya pertanyaan terkait beasiswa tersebut, kalian bisa menghubungi staf AMINEF atau buka laman resminya ya, guys. Selamat mencoba! (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin Rasakan Kuliah 1 Semester di Amerika Serikat? Ini Caranya"

Penulis: Hanif Pandu

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest