Follow Us

Gaduh Nonton Video TikTok Dapat Duit, Kominfo dan OJK Langsung Blokir TikTok Cash

Annisa Putri Salsabila - Rabu, 10 Februari 2021 | 18:29
Situs TikTok Cash diblokir Kominfo
kompastv

Situs TikTok Cash diblokir Kominfo

HAI-Online.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah resmi memblokir situs TikTok Cash, yang sebelumnya ramai diperbincangkan karena disebut dapat memberikan imbalan uang dengan hanya melihat video TikTok.

Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi, mengatakan, pemblokiran situs TikTok Cash dilakukan Kominfo berdasarkan permintaan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Betul, Kominfo telah melakukan pemblokiran terhadap situs tiktokecash.com hari ini, sesuai dengan permintaan resmi dari OJK. Media sosial TikTok Cash juga sedang dalam proses blokir," kata Dedy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Kompas.com mencoba membuka situs tiktokecash.com pada Rabu (10/2/2021) pukul 16.50 WIB, dan memang benar kalo situs tersebut telah diblokir.

Baca Juga: Ariana Grande Umumkan Tanggal Perilisan Versi Deluxe Album

"Situs tidak dapat diakses. Karena terindikasi mengandung salah satu unsur Pornografi, Judi, Pishing, SARA, dan PROXY. Mohon periksa kembali alamat yang dituju," demikian pesan yang tertulis di situs tersebut.Terindikasi money game

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Satgas Waspada Investasi OJK, Tongam L. Tobing, mengatakan, pihaknya meminta Kominfo memblokir platform TikTok Cash karena nggak ada izin dan diduga merupakan skema money game, nggak ada jasa atau barang yang dijual.

Tongam menyebutkan, TikTok Cash bukan merupakan sektor jasa keuangan sehingga nggak di bawah pengawasan OJK.

Baca Juga: Pengertian ‘Do Your Magic’ di Media Sosial yang Wajib Lo Paham

Dia menambahkan, kasus TikTok Cash ditangani oleh Satgas Waspada Investasi yang beranggotakan 13 kementerian/lembaga.

Tongam mengatakan, TikTok Cash melakukan kegiatan pemberian reward kepada anggotanya yang melakukan follow, like, dan menonton video TikTok.

Akan tetapi, untuk menjadi anggota di platform tersebut, seseorang harus membayar biaya yang bervariasi tergantung tingkat keanggotaannya. (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TikTok Cash Resmi Diblokir, Ini Penjelasan Kominfo dan OJK"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest