Follow Us

Muncul Desakan Agar Definisi Kata 'Perempuan' di KBBI Diganti, Apa Sebabnya?

Bagas Rahadian - Kamis, 28 Januari 2021 | 21:30
Warganet desak pemerintah Indonesia ganti definisi kata 'perempuan' di KBBI
Instagram/@asteriska_

Warganet desak pemerintah Indonesia ganti definisi kata 'perempuan' di KBBI

HAI Online.com - Definisi dari kata 'perempuan' yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menuai ketidaksetujuan dari kalangan warganet.

Salah satu yang menyuarakan hal tersebut adalah vokalis grup band Barasuara, Cabrini Asteriskan Widianti.

Musisi yang akrab disapa Icil itu bahkan memohon agar pihak yang bersangkutan dalam pemerintah Indonesia untuk mengganti arti dari kata 'perempuan' di KBBI.

Baca Juga: Ragam Macam Bahasa Gaul di Sekolah Jakarta dan Asal-usulnya

Dalam unggahan Instagram terbarunya, Icil menilai definisi dari kata 'perempuan' versi KBBI mengandung makna yang cenderung ke arah negatif dan nggak objektif.

Icil sendiri menegaskan, ia memandang nggak ada yang salah dari definisi perempuan dalam penjelasan pertama di KBBI.

Namun, cewek kelahiran tahun 1988 itu lebih menyorot ke opsi kata yang dicontohkan KBBI untuk mendeskripsikan kata 'perempuan'.

"Seperti kata mba @annaforeko, Ga heran kenapa perempuan sering dijadikan objek untuk hal yang terkait seksual dan dilecehkan," tulis Icil.

"Kami mohon TOLONG GANTI penjelasan tentang PEREMPUAN di dalam kamus bahasa Indonesia," sambung vokalis bersuara merdu itu.

Icil pun nggak sendiri dalam menyuarakan hal ini. Dalam postingannya, ia nge-mention warganet lain dengan akun @annforeko, yang turut menyorot hal ini lebih dulu dari Icil.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest