Follow Us

5 Cara Menghadapi Guru Yang Nggak Jelas Cara Mengajarnya saat Kelas Online

Alvin Bahar - Rabu, 27 Januari 2021 | 08:00
Ilustrasi belajar online dari rumah
HAI

Ilustrasi belajar online dari rumah

HAI-ONLINE.COM - Guru sekolah saat kelas online atau belajar dari rumah tuh macem-macem jenisnya. Ada yang asik dan bisa akrab sama kita para murid, ada juga yang sering bikin dahi mengernyit karena aksinya suka “ajaib” alias gaptek atau sulit dimengerti. Ada yang nggak jelas ngajarin apaan, ada juga guru yang datang tiba-tiba dengan muka yang tidak bersahabat terus marah-marah. Bener, kan?!

Guru kayak gitu bukan harus dihindari. Mesti kita hadapi, dengan cara yang khusus tentunya. Kalau nggak, kita bisa dibuat kesal. Tahu nggak, sih, sebenernya ada tips-tips khusus buat menghadapi guru gaje yang ngeselin. Ini , lho:

1. Pegang prinsip “Diam adalah Emas

Males nggak, sih, ketika ada sesuatu yang terjadi, eh, kita yang dipanggil mengurus ini-itunya, atas perintah guru “ajaib” itu? Maka dari itu, jadilah anak baik. Buat diri invisible di mata guru “ajaib” tersebut.

Cara ini ampuh untuk menghindari kontak (dalam zona bahaya) dengan si guru. Terlebih guru yang terlewat mengesalkan. Kecuali lo dipanggil, ya udah nasib deh.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Kulit Brand Lokal yang Punya Desain Trendi

2. Hiraukan Dulu Pengajarannya yang Membingungkan

Aurelia, seorang siswi yang nama sekolahnya minta dirahasiakan cerita, ada satu materi yang sudah dia kuasai dari tempat lesnya. Tapi, saat guru di sekolah yang menjelaskan, dia jadi bingung dan nggak ngerti. Ditambah via online, makin nggak nyambung. Waduh.

Ya, tapi emang ada, sih, guru yang lagi mengajar tapi nggak membuat kita mengerti pelajarannya karena penjelasannya yang berputar-putar dan membingungkan.

Tips untuk menghadapinya adalah jangan dengarkan guru ini saat mengajar. Lebih baik saat dia ngajar, kita baca penjelesannya aja deh di buku paket.

3. Jangan Membuang Waktu Pelajaran yang Berharga

Lain dengan Aurelia, Linda, siswi SMA yang berasal dari sekolah yang sama lebih baik mengisi jam pelajaran guru “ajaib” itu dengan bermain game.

Ketika guru yang bersangkutan sedang sibuk ngajar meski nggak nyambung, Linda memanfaatkan waktu itu dengan bermain game. Baginya, nggak ada salahnya menggunakan waktu untuk mengasah otak dengan cara yang berbeda. Setuju apa ngaco nih?

4. Coba “PDKT” Sama Si Guru

Kata orang, sih, tak kenal maka tak sayang. Jadi menurut Laras, yang juga seorang siswi SMA, untuk menghadapi seorang guru yang nyebelin adalah cukup mendekatkan diri dengannya.

Bagi Laras, bisa jadi nggak suka sama si guru hanya karena kita belum mengenal betul guru itu. Cukup berikan senyum, atau sekadar mengoborol basa-basi. Yang penting nggak membuat masalah dengan guru-guru kayak gitu.

5. Sabar dan Pasrah

Ini jurus terakhir yang bisa dilakukan. Apabila semua di atas sudah dilakukan dan guru ajaib masih saja mengesalkan untuk kita, mungkin lebih baik kita yang memperbaiki diri. Bersabar dan pasrah adalah cara terbaik untuk mengatasi semua. Berdoa aja pandemi kelar, kita bisa belajar normal lagi.

Dan, yak! Begitulah sedikit tips yang bisa kita lakukan untuk menghadapi guru nggak jelas. Namun bagaimanapun, guru-guru setidak jelas apapun, qmereka tetaplah guru kita dan kita adalah murid mereka. Mungkin guru yang kita anggap gaje itu mengesalkan, tetapi sebagai murid, kita tetap harus menghormati mereka. Ya, sedikit nakal, bolehlah. Hehe....

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular