Follow Us

Ini Alasan Kenapa Minum Kopi Bikin Cepet Ngantuk di Siang Bolong

Annisa Putri Salsabila - Rabu, 20 Januari 2021 | 12:07
Ilustrasi Menikmati Kopi
tribunnews

Ilustrasi Menikmati Kopi

HAI-Online.com - Kebiasaan minum kopi emang sering dikaitkan sama gangguan siklus tidur. Meskipun, kita semua tahu kalo tubuh setiap orang merespons kafein, senyawa di dalam kopi, secara berbeda-beda.

Namun, pakar tidur tersertifikasi dan psikolog klinis, Michael J. Breus, PhD yang juga dikenal dengan nama "Dokter Tidur", mengklaim kalo rahasia supaya bisa cepat ngantuk di waktu tidur siang adalah kopi.

Baca Juga: Lagu Billie Eilish ft. Rosalìa 'Lo Vas A Alvidar' Bakal Siap Rilis

Lho, mengapa demikian? Sebelum pembahasan lebih jauh, Breus menekankan bahwa dirinya tetap sepakat dengan para pakar lainnya bahwa kafein dapat mengganggu tidur dengan membuat seseorang terjaga.

"Kafein dapat dikatakan sebagai salah satu gangguan terbesar untuk tidur kita," kata dia, seperti dilansir Mind Body Green.

Namun masalahnya, ada perbedaan antara tidur nyenyak teratur di malam hari dan tidur siang kilat, yang umumnya dianjurkan dilakukan sekitar 30 menit saja.

Breus menjelaskan, seseorang merasa mengantuk karena adanya penumpukan senyawa adenosin di otak.

Senyawa tersebut dapat memperlambat aktivitas sel saraf di otak yang menyebabkan kantuk. Sementara yang dilakukan kafein adalah mengikat reseptor adenosin tersebut dan secara efektif mempercepat kembali aktivitas sel saraf, yang akan memberikan sentakan energi.Masalahnya, bagi sel saraf, kafein dan adenosin terlihat sama.

"Jika Anda melihat struktur molekul adenosin dan kafein, keduanya hanya dipisahkan oleh satu molekul," kata Breus.

Baca Juga: Kehilangan Penciuman Karena Covid-19, Sekeluarga Nggak Sadar Bau Api Telah Melalap Rumahnya

Lalu, apa hubungannya dengan kualitas tidur siang? Nah, menurut penjelasan Breus, kafein sebenarnya dapat menipu sel-sel saraf kita untuk sementara waktu, karena reseptor tersebut akan menerima kafein dan memungkinkan kita tertidur sebelum stimulan kafein benar-benar masuk.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest