Follow Us

Asesmen Nasional Bakal Dilaksanakan Awal Tahun Ini, Simak Jadwalnya

None - Rabu, 06 Januari 2021 | 19:30
Ilustrasi Ujian Nasional SMA
KOMPAS/ASWIN RIZAL HARAHAP

Ilustrasi Ujian Nasional SMA

HAI-ONLINE.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional pada 2021.

Asesmen Nasional sendiri merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Baca Juga: Semester Genap Tahun 2021, Semua Sekolah di DKI Jakarta Belajar dari Rumah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim sebelumnya mengatakan, perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah nggak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Asesmen Nasional juga nggak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual.

Asesmen Nasional berfungsi menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan.

Untuk pelaksanaanya, Kemendikbud udah menjadwalkan Asesmen Nasional yang bakal dilaksanakan pada awal tahun ini, dari Maret hingga Agustus, sebagaimana dikutip Kompas.com melansir laman Direktorat Sekolah Dasar berdasarkan paparan materi diskusi Rapat Koordinasi Asesmen Nasional, 6 Oktober 2020.

Baca Juga: 14 Provinsi Siap Buka Pembelajaran Tatap Muka, Apa Kamu Siap?

Berikut jadwal Asesmen Nasional tahun 2021 untuk tiap jenjang sekolah:

  • Kelas 5 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI): bulan Agustus 2021.

  • Kelas 8 SMP/MTs: pekan ketiga Maret 2021

  • Kelas 11 SMA/MA: pekan pertama Maret 2021

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest