Follow Us

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah untuk Pelajar, Jangan Lupa Cek Ya

None - Selasa, 05 Januari 2021 | 12:30
Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok
KOMPAS/Iwan Setiyawan

Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok

HAI-ONLINE.COM - Bagi kalian yang masih bingung memilih jurusan di perguruan tinggi nanti ikuti nih 5 tips memilih jurusan kuliah buat para pelajar.

Seperti yang diketahui pendaftaran akun LTMPT sudah dibuka pada Senin (5/1/2021), tentu sudah saatnya untuk memikirkan pilihan jurusan kuliah yang cocok buat kalian nanti.

Baca Juga: Perlu Diingat Ini Dia Jadwal Penting SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2021Nah, yang masih pada bingung harus memilih jurusan apa, berikut ini ada 5 tips yang dapat kalian ikuti sob:1. Kenali Potensi DiriHal ini penting untuk dipikirkan, kenali diri kalian dulu dan bakat apa yang dimiliki sebelum memilih jurusan.

Contohnya nih, misal kalian jago menulis atau puisi maka jurusan yang cocok yaitu jurnalistik atau bisa juga sastra.

Contoh lainnya nih misal jago di bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya kalian bisa memilih jurusan sastra inggris atau hubungan internasional, ya disesuaikan lagi sama kemampuan kalian.

Selain itu, memilih jurusan juga harus sesuai passion sob, jangan sampai sudah terlanjur memilih jurusan eh malah ga sesuai sama passion kalian dan bisa-bisa jalaninnya juga setengah hati. Memilih jurusan sesuai passion pastinya akan bikin kalian juga enjoy jalanin aktivitas di kampus.

2. Sesuaikan Biaya KuliahIni juga penting untuk diketahui sob. Biasanya biaya kuliah tiap kampus beda-beda bahkan disesuaikan dengan jurusan yang dipilih juga. Biaya kuliah yang mahal tentu akan membebani orang tua juga.

Untuk hal ini, lebih baik kalian juga berdiskusi dengan orang tua terlebih dahulu supaya mereka juga bisa menyesuaikan dengan keuangan yang dimiliki.

Baca Juga: 5 Lagu Terbaik Children of Bodom Sepanjang Masa Pilihan Alexi Laiho3. Melihat peluang kerjaSetiap jurusan kuliah tentu memiliki peluang kerja masing-masing. Misal kalian memilih jurusan kedokteran, maka nantinya kalian bisa jadi dokter ataupun bekerja di sektor kesehatan.

Untuk hal ini, setidaknya kalian dapat ambil jurusan yang nantinya bakal memberikan peluang kerja yang besar sehingga mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

4. Lakukan RisetCara ini digunakan untuk melihat atau mencari tahu tentang jurusan yang bakal kalian ambil nantinya seperti biaya pendaftaran, jurusan apa saja yang tersedia dalam kampus yang dituju, lokasi kampus, biaya per semesternya berapa, hingga profil kampusnya sendiri.

Riset akan membuat kalian semakin yakin untuk memilih jurusan tersebut atau tidak. 5. Konsultasi dengan AhliBagi kalian yang masih belum tau tentang dunia perkuliahan atau masih bingung jurusan mana yang ingin diambil, ada baiknya jika konsultasi dengan yang ahli. Kalian bisa kok konsultasi ke teman, guru, orang tua atau kakak tingkat. Cara konsultasi dengan ahli ini memudahkan kalian untuk meyakinkan diri mengambil jurusan kuliah yang diinginkan.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Agar Tak Salah Pilih Jurusan Kuliah, Pahami Dulu 7 Tips Ini"

Penulis: Ferry Budi Saputra

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest