Follow Us

Matematika Nakutin Pelajar? Kenali Rahasia Belajar dari Pakarnya Nih

None - Kamis, 17 Desember 2020 | 16:00
Kata pelajar tentang pelajaran matematika
KIRAM/HAI

Kata pelajar tentang pelajaran matematika

HAI-ONLINE.COM - Matematika masih sering dianggap jadi pelajaran yang susah bagi banyak pelajar. Bahkan nggak jarang nih, pelajaran tersebut bisa jadi momok yang nakutin bagi mereka. Sebenernya belajar matematika itu simpel lho, kayak yang dijelasin Edukator dan Fisikawan Indonesia, Yohanes Surya. "Jadi ketika kami latih anak-anak di Indonesia Timur, banyak anak-anak yang datang, waktu kami latih, mereka takut sekali terhadap Matematika. Mereka tidak mengetahui rahasia Matematika," ungkap Yohanes, melansir laman Ditjen GTK Kemendikbud, Kamis (17/12/2020). Nah di sini Yohanes ngasih tahu rahasia buat kalian biar bisa nguasain matematika. Intinya, kalo kalian nguasain hitung-hitungan, kalian pun bisa nguasanin pelajaran Matematika. Kuasai 7 macam berhitung Menurut Yohanes ada 7 macam berhitung, yang meliputi:

Baca Juga: Ini Nih Kemampuan yang Dibutuhkan Remaja di Abad ke-21, Menghafal Udah Nggak Diperluin- Penjumlahan - Perkalian - Pengurangan - Pembagian - Bilangan Bulat - Pecahan - Desimal

Dia menyebutkan, dengan memahami 7 macam berhitung ini, siswa-siswa di sekolah dijamin akan hebat dalam bidang Matematika, Fisika, dan Sains. "Tujuh topik ini, menjadi dasar yang sangat kuat sekali. Begitu anak menguasai berhitung, dampaknya luar biasa sekali," ucap pria yang merupakan pendiri Asian Physics Olympiad (APhO). Yohanes sendiri udah berpengalaman lho, melatih guru pelajaran Matematika di lebih dari 250 kabupaten di Indonesia. Adapun materi berhitung yang diajarkan oleh dirinya secara intensif, agar dapat menjadi langkah menuju sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul. "Saya mengajar intensif anak-anak dari beberapa daerah," tutur dia. Untuk mengajar penjumlahan di pelajaran Matematika, lanjut dia, memakan waktu selama tiga hari. Sedangkan perkalian, setidaknya membutuhkan waktu sampai dua minggu. "Ini dilakukan (mengajar Matematika, red), agar kita bisa membuat Indonesia hebat," tegas Yohanes.Nah setelah tahu rahasia belajar matematika, nggak ada alasan lagi buat bolos pelajaran matematika kan, sob?

Penulis: Hanif PanduArtikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pelajaran Matematika Menakutkan? Pakar: Ini Lho Rahasianya"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest