Follow Us

Nelepon Elon Musk, Presiden Jokowi Bicarain Soal Peluncuran Roket di Indonesia

Bagas Rahadian - Senin, 14 Desember 2020 | 14:30
Roket Seharga Rp 3 Triliun Meledak, CEO SpaceX Elon Musk: Itu Berhasil!
TheEconomist

Roket Seharga Rp 3 Triliun Meledak, CEO SpaceX Elon Musk: Itu Berhasil!

HAI-Online.com - Presiden Joko Widodo dikabarkan menghubungi Elon Musk untuk peluang kerja sama.

Bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jokowi menghubungi langsung orang terkaya kedua dunia tersebut melalui sambungan telepon.

Dalam bincang-bincang lewat telepon tersebut, Jokowi menawarkan Elon yang merupakan founder, sekaligus SpaceX untuk meluncurkan roketnya di Indonesia.

"Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad Space X," tulis Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dalam siaran pers, dikutip Minggu (13/12/2020).

Baca Juga: Elon Musk Ekspansi ke Indonesia, Bakal Buka Pabrik Tesla di Jateng?

SpaceX memang tengah rajin melakukan uji coba peluncuran roket ke luar angkasa dalam beberapa waktu ke belakang.

Bahkan, pada November lalu SpaceX berhasil mengirimkan 4 astronot NASA ke Stasiun Antariksa Internasional. Selain itu, Jokowi juga menjajakan Elon terkait peluang investasi mobil listrik, Tesla, di Indonesia.

"Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik," tulis Kemenko Marves.

Menanggapi tawaran-tawaran tersebut, Elon akan berencana mengirimkan timnya ke Indonesia pada Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ke Elon Musk, Jokowi Tawarkan Indonesia sebagai Tempat Peluncuran Roket SpaceX"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest