Follow Us

Covid-19 Berubah Jadi Sindemi, Epidemiolog Beri Penjelasan!

Al Sobry - Sabtu, 14 November 2020 | 14:12
Covid-19 Berubah Jadi Sindemi, Epidemiolog Beri Penjelasan!
SBH

Covid-19 Berubah Jadi Sindemi, Epidemiolog Beri Penjelasan!

Sudah hampir setahun sejak Covid-19 menjakit di China, kini jumlah orang yang terinfeksi di seluruh dunia sudah mencapai angka lebih dari 50 juta jiwa.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (13/11/2020), mengutip data dari Worldometers pukul 05.15 WIB, virus corona telah menginfeksi sebanyak 53.003.790 orang di seluruh dunia.

Baca Juga: Diduga Elon Musk Terinfeksi Covid-19, Gimana Nasib Peluncuran Astronot SpaceX?

Menilik kemajuan tim medis, hingga kini lebih dari selusin kandidat vaksin Covid-19 masih dalam tahap pengujian, beberapa telah hampir menyelesaikan fase akhirnya yaitu uji klinis.

Semakin tingginya angka infeksi Covid-19, sejumlah negara juga kembali memberlakukan lockdown setelah mencatat rekor penambahan jumlah kasusnya.

Kendati berbagai strategi dan kebijakan telah dilakukan, sejumlah ilmuwan dan pakar kesehatan menilai hal itu masih terlalu terbatas untuk menghentikan laju infeksi yang disebabkan virus corona baru, SARS-CoV-2.

"Semua intervensi kita berfokus pada memotong jalur penularan virus untuk mengendalikan penyebaran patogen," kata Richard Horton, pemimpin redaksi jurnal ilmiah The Lancet, seperti dikutip BBC, Kamis (12/11/2020).

Melihat kondisi Covid-19 saat ini, Horton menilai semestinya bukan dianggap sebagai pandemi, melainkan sebagai "sindemi".

Lantas, apa itu sindemi dan bagaimana seharusnya penanganan Covid-19 dilakukan?

Sindemi adalah akronim yang berasal dari kata sinergi dan pandemi. Artinya, penyakit seperti Covid-19 tidak boleh berdiri sendiri.

Pada satu sisi, ada virus SARS-CoV-2, yaitu virus penyebab Covid-19 dan disi lain ada serangkaian penyakit yang sudah diidap oleh seseorang.

Baca Juga: Filosofi Makanan di Jawa Banyak yang Manis, Ini Penjelasannya!

Editor : Al Sobry

Latest