Follow Us

Produser Nirvana Ragu 'Nevermind' Bakal Punya Dampak Yang Sama Kalo Dirilis di 2020

Bagas Rahadian - Rabu, 28 Oktober 2020 | 19:30
Cover album Nevermind
DGC Records

Cover album Nevermind

HAI-Online.com - Produser album 'Nevermind' Nirvana, Butch Vig, meragukan album hits tersebut bakal punya impact yang besar apabila dirilis di tahun 2020.

"Kalau Nevermind dirilis minggu ini, meskipun merupakan album yang bagus, tapi nggak akan punya dampak budaya yang sama," kata Butch Vig kepada NME.

"Itu adalah waktu yang tepat untuk keluar ketika ada pergeseran musik dan rasanya seperti revolusi. Saya bisa melihat itu terjadi lagi, tapi tidak dengan cara yang sama," lanjutnya.

Vig juga menyuarakan sentimen serupa dengan apa yang pernah dibilang oleh drummer Nirvana Dave Grohl tentang bintang alt-rock/pop Billie Eilish yang kini lagi naik daun.

Dia menjelaskan, “Saya melihat sesuatu yang mirip dengan Billie Eilish. Saya berteman dengannya dan Finneas dan ibu mereka adalah guru musik putri saya. Billie berbicara untuk seluruh generasi muda, seperti yang dilakukan Nirvana dengan kejayaan era mereka," tutur Vig lagi.

Baca Juga: Damon Albarn Kembali Kasih Kode Soal Kolaborasi Gorillaz x Tame Impala

Bicara lebih jauh soal dampak album ini ke lanskap budaya, Vig menyatakan, "Semuanya begitu instan sehingga sulit untuk membangun mistik. Ketika Anda benar-benar menginginkan sesuatu tetapi tidak bisa mendapatkannya, hal itu membuatnya menjadi lebih kuat. Setiap orang memiliki akses ke semuanya hari ini. Mungkin seseorang akan datang dengan band yang terdengar seperti Nirvana tetapi penulis lirik yang menulis seperti Bob Dylan dan menyukai hip-hop dan tidak memiliki Instagram atau Facebook."

Dia melanjutkan, "Mungkin mereka akan melakukan beberapa pertunjukan dan menghilang. Jika mereka melakukannya, orang akan menjadi mental karena mereka semakin menginginkan mereka. Jika Anda tahu siapa itu, hubungi mereka karena saya ingin memproduksinya!"

Nevermind Nirvana bertengger di puncak Billboard 200 Album Chart pada tahun 1991, terkenal menikmati pendakian yang stabil ke puncak sebelum menjatuhkan Michael Jackson dari posisi teratas pada awal 1992.

Album ini menghasilkan single antara lain "Smells Like Teen Spirit," "Come As You Are, "Lithium" dan "In Bloom". (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest