Follow Us

Bocoran Buat Lulusan 2020 Yang Ingin Kerja di Perusahan Multinasional: Nggak Cuma IQ, Lo Juga Wajib Unggul di DQ!

Bagas Rahadian - Jumat, 23 Oktober 2020 | 21:00
ilustrasi wisuda
kompas.com

ilustrasi wisuda

HAI-Online.com - Persaingan dalam dunia kerja didapati semakin ketat dan selektif di era teknologi digital seperti saat ini.

Sehingga, hal ini menjadi tantangan yang nggak mudah bagi para lulusan universitas maupun jenjang perkuliahan lain di tahun 2020 yang kini hendak memulai kariernya di bidang profesional.

Para perusahaan besar, baik di Indonesia maupun mancanegara, tentu memiliki kriteria pekerja masa depan yang mereka dambakan. Tapi, sebetulnya kriteria seperti apa yang umumnya dicari para perusahaan besar nasional maupun multinasional dari para lulusan bangku kuliah di era ini?

Dalam gelaran Wisuda Virtual Sampoerna Univeristy 2020, Jumat (23/10), pertanyaan yang kerap jadi bahan kekhawatiran para lulusan di era digital itu pun terjawab.

Affianti Suwita selaku Head of Talent Acquisiton CIMB Niaga, dalam kesempatan tersebut menerangkan, perusahaan multinasional zaman ini senantiasa mencari calon pekerja dengan skill-set sesuai perkembangan jaman.

"Pertimbganan perusahan memang bisa berubah-ubah seiring perkembangan jaman, seperti saat kita memasuki era industri 4.0 sehingga perusahaan mencari talent yang digital savvy," ungkap Affianti.

Baca Juga: Mungkin Doi Mahasiswa Paling Santuy, Nggak Mandi dan Lupa Pake Celana Panjang Saat Wisuda

"Nah, kriteria talent yang umumnya kita cari adalah meraka yang nggak hanya unggul secar IQ (Intelligence Quotient) dan EQ (Emotional Quotient), melainkan juga DQ yakni digital quotient," tambahnya.

Selain itu, Affianti menambahkan bahwa para calon pekerja juga dituntut untuk memiliki karakter yang agile (gesit), versatile (serbaguna), dinamis, dan digital dan data savvy

"Dan tentunya juga karakteristik leadership, entrepreneurship, dan tanggung jawab sosial yang tinggi," pungkas Affianti.

Untuk pertama kalinya, Sampoerna University menggelar wisuda secara virtual untuk mahasiswa lulusan Fakultas Pendidikan, Fakultas Teknik dan Teknologi, serta Fakultas Bisnis.

Dalam seremoni perayaan daring tersebut, Sampoerna University mengimplementasikan teknologi robotik untuk mewakili para wisudawan di rumah. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest