Follow Us

'World Mental Health Day' 10 Oktober, 5 Referensi Film Agar Setiap Orang Lebih Aware Sama Isu Kesehatan Mental

Bagas Rahadian - Sabtu, 10 Oktober 2020 | 10:11
All The Bright Places (2020)
New Indian Express

All The Bright Places (2020)

HAI-Online.com - Selain menjadi tanggal spesial bagi fandom anime lantaran menjadi hari lahir Naruto Uzumaki, tanggal 10 Oktober juga merupakan momen bagi masyarakat dunia bersikap lebih aware sama isu kesehatan mental.

Diperingati pertama kali pada tahun 1992, Hari Kesehatan Mental Dunia di tahun 2020 terasa makin relevan dengan kehidupan masyarakat dunia yang sedang terdampak pandemi covid-19.

Gangguan mental atau kejiwaan sendiri memang nggak boleh disepelekan. Meski nggak kelihatan, tapi bahayanya sama besarnya (atau malah lebih besar) dari penyakit fisik.

Layaknya gunung es yang tampak kecil di bagian luar, gangguan mental merupakan hal kompleks yang dapat berakibat fatal bagi seseorang.

Penyakit mental seperti depresi juga menyebabkan risiko penyakit berbahaya dan gangguan kejiwaan seperti kecanduan, perilaku bunuh diri, diabetes, dan penyakit jantung -yang merupakan pembunuh manusia terbesar di dunia.

Oleh karena itu, pendidikan soal kesehatan mental nggak henti-hentinya digalakkan. Semua media digunakan, termasuk film.

Berikut adalah beberapa film dan dokumenter yang membahas soal kesehatan mental.

Tonton deh biar lo nggak kerap terjebak sama narasi, "halah, gitu aja ngeluh, semua orang mengalami juga kali", semisal ada temen yang curhat soal masalah hidupnya.

Karena, bisa jadi yang mereka alami adalah gangguan depresi serius.

Baca Juga: Viral Tweet Beredar Foto Sepatu Pendemo Tolak RUU Cipta Kerja yang Ditemukan Nggak Bertuan di Jalan

1. All The Bright Places (2020)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest