Follow Us

Nggak Cuma Minum Air Putih, Fungsi Ginjal Kamu Membaik dengan 7 Makanan Ini

Annisa Putri Salsabila - Selasa, 06 Oktober 2020 | 18:30
Ilustrasi kembang kol dicacah menggunakan food processor.
(SHUTTERSTOCK/NATALIA LISOVSKAYA)

Ilustrasi kembang kol dicacah menggunakan food processor.

HAI-Online.com - Fungsi ginjal yang utama adalah membuang limbah dan cairan berlebih dari tubuh melalui urine.

Ginjal juga berfungsi untuk menyeimbangkan cairan dan mineral di tubuh seperti garam dan kalium, serta memproduksi sejumlah hormon.

Makanan berperan penting untuk memperbaiki fungsi ginjal. Dengan pola makan yang tepat, organ vital ini tidak bertambah rusak.

Baca Juga: Bang Jago Ternyata Bukan Cuma Meme, Tapi Beneran Ada Bank Bernama Bank Jago di IndonesiaMelansir WebMD, penderita penyakit ginjal perlu mendapakan asupan protein, kalori, vitamin, dan mineral yang seimbang.

Selain itu, penderita juga pelu membatasi konsumsi makanan tertentu dan cairan agar nggak ada penumpukan mineral yang memperberat kerja ginjal.

Penderita penyakit gagal ginjal kronis stadium awal masih memiliki sedikit keleluasaan dalam memilih asupan. Namun, penderita yang sudah masuk tahap gagal ginjal kronis stadium akhir perlu ekstra hati-hati dalam memasukkan makanan dan minuman.

Melansir Healthline, pantangan penderita penyakit ginjal bisa berbeda-beda. Namun, secara umum mereka diarahkan untuk membatasi zat gizi dan mineral tertentu, yang kelebihannya nggak bisa disaring oleh ginjal.

Seperti sodium, kalium, fosfor, dan protein. Dokter bisa menyarankan penderita penyakit ginjal untuk merekomendasikan jenis makanan yang baik untuk penderita ginjal.

Selain itu, berikut beberapa jenis makanan untuk memperbaiki fungsi ginjal agar nggak bertambah rusak:

Baca Juga: Dari Aktivis Sampe K-Popers Disebut Kompak Tolak Omnibus Law di Twitter

1. Kembang kol

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest