Follow Us

Wawancara Eksklusif HAI Bareng Linkin Park Soal Hybrid Theory 2020: Dulu Kita Cuma Punya Lagu Total 40 Menit, Disuruh Main di Festival 90 Menit

Alvin Bahar - Jumat, 02 Oktober 2020 | 13:00
Lead editor HAI, Alvin Bahar, berkesempatan mewawancarai Linkin Park untuk perayaan 20 tahun Hybrid Theory.
Warner Music

Lead editor HAI, Alvin Bahar, berkesempatan mewawancarai Linkin Park untuk perayaan 20 tahun Hybrid Theory.

HAI-ONLINE.COM - Gimana rasanya jadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang wawancarain Linkin Park untuk perayaan debut albumnya, Hybrid Theory 2020?Sampai sekarang, masih sureal. Bayangin aja guys, band yang lo denger semasa SD, kini ngobrol sama lo. Live. Depan mata (meski virtual tetep gemeteran!).Waktu mereka emang nggak banyak. Maklum, bukan cuma gue doang yang dapet kesempatan wawancarain Mike Shinoda dkk. Ada juga wartawan dari Portugal, Jepang, Taiwan, dan negara-negara lain.Tanpa pake banyak cerita lagi, berikut wawancara gue, Alvin Bahar dari HAI, dengan Linkin Park seputar Hybrid Theory: 20th Anniversary Edition yang akan dirilis pada 9 Oktober 2020!

Baca Juga: Rayakan 20 Tahun Album Hybrid Theory, Linkin Park Rilis Boxset dan Lagu 'She Couldn't'

Hybrid Theory udah berusia 20 tahun nih. Apa aja hal paling seru yang lo ingat dari masa-masa album itu awal rilis?Mike Shinoda: Banyak banget! Gue inget kita saat itu belum punya banyak lagu. Bisa dibilang, total lagu kita cuma 40 menit lah. Terus, gara-gara album ini meledak banget, kita jadi headliner sebuah festival dan panitia minta kita main selama 90 menit. Gila. Kita mau ngapain coba? Masa bawain lagunya tiga kali?

Brad Delson: Kalo gue, inget banget pas pertama kali Linkin Park jadi cover majalah Rolling Stone. Gue inget karena gue nggak ada di covernya. Cuma kepalanya aja.

Jadi lo harus rentangkan majalahnya buat lihat gue secara keseluruhan. Tapi itu jadi cover majalah terfavorit gue. Kayaknya itu majalah Rolling Stone dengan penjualan terburuk ya?

(Semua tertawa)Mike: Nggak lah, gila aja lo.Dave Farrell: Saat itu kami benar-benar nggak nyangka bakal sukses. Kami benar-benar tanpa pengalaman. Sangat berkesan.

Nah, Hybrid Theory di Indonesia juga hype banget pada masanya. Bahkan, nggak cuma nyebar lewat CD atau MTV, tapi juga game bajakan. Ada game bola bajakan pake lagu Hybrid Theory lho. Menurut kalian gimana?Mike: Di sini yang nggak bisa main bola cuma Dave, jadi silakan jawab!Dave: Keren banget bisa tau musik kita bisa masuk ke banyak kultur, bahkan game sepak bola. Meski bajakan sih. Hahaha. Menurut gue itu hal keren musik kita bisa menyatukan banyak hal.Mike: Gue juga inget waktu itu lagu-lagu kita beredar di Napster (situs untuk download lagu bajakan). Eh ngomong-ngomong soal internet, dulu gue inget banget sangat sulit untuk mengenalkan Linkin Park.

Bayangin aja, belom ada Google. Jadi kalo ada yang nanya "band lo bisa dicek di mana?" mesti nyebut nama situs LP dan nggak boleh sampe salah informasi tuh yang denger, bisa-bisa salah situs.

Bisa dibilang Hybrid Theory 2020 adalah rilisan Linkin Park pertama tanpa Chester Bennington. Gimana perasaan lo?Mike: Well, life was difficult, music was easy. The music made things easier. Grief is a personal thing, a personal experience.

Anyway, kelanjutan Linkin Park gimana nih?Jujur aja, bisa dibilang kami belum punya jawabannya. Kalo misalnya ada sesuatu, pantengin aja media sosial kami dan LinkinPark.com. There is no new news at this point. Terima kasih buat para fans di Indonesia yang selalu bersama kami!

*Terima kasih untuk Warner Music Indonesia yang memungkinkan wawancara ini terjadi.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest