Follow Us

Ini Dia 4 Tren Liburan PSBB Transisi, Mulai dari Staycation sampe Transportasi Darat

Annisa Putri Salsabila - Minggu, 16 Agustus 2020 | 10:31
Ilustrasi staycation di hotel terdekat
vox.com

Ilustrasi staycation di hotel terdekat

HAI-Online.com- Relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke PSBB Transisi jadi tahap mulai bergeraknya kembali sektor pariwisata di Indonesia, khususnya pariwisata lokal.

Hal tersebut juga sudah diyakini sama CMO Traveloka & CEO Traveloka Experience, Christian Suwarna. Ia mengakui, pelonggaran PSBB berdampak dengan munculnya peningkatan wisatawan.

Baca Juga: Pengen Liburan ke Pantai Pas Pandemi Gini? Coba Pertimbangkan Ini Dulu

"Ketika ada pelonggaran PSBB tentu kita melihat adanya pergerakan wisata yang meningkat," kata Christian kepada Kompas.com saat sesi tanya jawab Konferensi Pers Virtual Traveloka Clean Partners, Kamis (13/8/2020).

Namun, Christian ngasih catatan, definisi wisata yang dimaksud sedikit beda. "Kalau dulu wisata bepergian jarak jauh harus menggunakan pesawat terbang dan lain-lain. Kita melihat ada shifting terhadap wisata lokal," katanya.Berikut empat tren wisata saat PSBB transisi.

Pilih staycation

Oleh karena perubahan tren wisata dari wisata jarak jauh ke wisata lokal, kata dia, maka munculah tren baru ini, salah satunya staycation di bidang akomodasi.

Ia ngelihat adanya kecenderungan orang yang udah lelah berlama-lama di rumah. Kemudian, memilih untuk menginap di hotel yang jaraknya nggak terlalu jauh dari rumahnya.

"Masih lebih familiar untuk mereka pergi dengan risiko yang terukur dengan melakukan protokol kesehatan yang sudah banyak diedukasi di lapangan," terangnya.Baca Juga: Estetik tapi Serem, Ini 5 Kota Hantu yang Cocok Buat Spot Fotografi

Liburan ke tempat rekreasi

Selain itu, ia juga melihat adanya kecenderungan yang sama yaitu meningkatnya pariwisata lokal di bidang experience atau pengalaman.

Ia mengungkapkan, wisatawan saat ini lebih memilih untuk pergi ke tempat rekreasi, wisata atau hiburan lokal. Oleh karenanya, mereka mencari tempat wisata yang udah dibuka di sekitarnya.

Halaman Selanjutnya

Restoran yang dekat
1 2

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest