Follow Us

10 Nama Keren Spesies Hewan Yang Terinspirasi dari Band dan Musisi

Bagas Rahadian - Jumat, 14 Agustus 2020 | 15:41
Gambar ilustrasi dari Macrostylis Metallicola. Krustasea spesies baru yang dinamai dari group band Metallica.
Senckenberg

Gambar ilustrasi dari Macrostylis Metallicola. Krustasea spesies baru yang dinamai dari group band Metallica.

HAI-Online.com - Selama bertahun-tahun, spesies mahluk hidup baru diberi nama unik sebagai penghormatan kepada figur dan band terkenal seperti Queen (serangga), Ramones dan Sex Pistols (kecoa laut), Muse (tawon ) dan kakak-beradik gitaris AC/DC, Malcolm (fosil arthropoda Australia).

Dan nampaknya, penamaan spesies hewan baru dengan nama band dan musisi udah mejadi tradisi di kalangan ilmuwan di ranah sains.

Sebab, diketahui ada banyak nama spesies hewan baru yang diberi nama band dan musisi. Berikut HAI rangkum informasinya.

1. Alex Webster (Bassist Cannibal Corpse)Pada 2017 lalu, dua orang ilmuwan yang juga fans musik metal, Luke Parry dan Mats E. Eriksson, menamai fosil cacing raksasa prasejarah yang mereka temukan dengan nama Websteroprion armstrongi, yang terinspirasi dari nama pemain bass band death metal Canibbal Corpse, Alex Webster.

2. King DiamondPada penemuan sebelumnya di tahun 2012, Dr. Eriksson juga menamai fosil dari cacing raksasa lain dengan nama Kingnites diamondi, yang ternyata diambil dari nama vokalis Mercyful Fate, King Diamond.

"Makhluk itu dianugerahai nama kingnites diamondi untuk menghormati maestro asal metal Denmark," ujar Dr. Eriksson di tahun tersebut.

3. MetallicaAwal tahun 2020, seekor krustasea dasar laut dianugerahkan nama yang terinpirasi dari Metallica oleh peneliti Senckenberg Dr. Torben Riehl dan koleganya Dr. Bart De Smet dari Universitas Ghent Belgia.

Makhluk serupa cacing itu ditemukan di Pasifik Utara dan diberi nama Macrostylis metallicola oleh Torben untuk menghormati salah satu band favoritnya.

4. Bruce Dickinson (Iron Maiden)Pada tahun 2019, ahli biologi Brasil Christina Rheims menemukan empat spesies laba-laba baru.

Salah satunya dinamai Extraordinarius bruceickinsoni, nama yang terilhami dari vokalis Iron Maiden, Bruce Dickinson.

Nggak ada alasan pasti mengapa nama Dickinson yang dipilih. Namun kita bisa berasumsi mungkin karena laba-laba tersebut punya jangkauan lompatan laba-laba tersebut yang tinggi layaknya suara melangking Dickinson, selain juga kecakapan dalam bela diri dan keterampilan beratraksi di udara.

Source : Kerrang.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest