Follow Us

5 Band Pop-Rock yang Sempat Dianggap Bawain Genre Metal

Bagas Rahadian - Minggu, 26 Juli 2020 | 17:00
Jon Bon Jovi
Wikimedia Commons

Jon Bon Jovi

HAI-Online.com - Parameter dari musik heavy metal telah berevolusi sejak awal kemunculannya melalui band-band seperti Black Sabbath, Led Zeppelin, hingga Iron Maiden dan Judas Priest pada era 1970-an.

Sejak itu pula, publik telah menyaksikan kelahiran sub-genre metal lain, seperti thrash, hardcore, power metal, speed metal, doom metal, death metal, black metal, hingga subgenre yang lebih ekstrem seperti pornogrind, Djent, dan Nintendocore.

Nah, tapi batas buat menentukan artis mana yang bisa pantas dikategorikan memainkan unsur metal dalam lagunya dan mana yang nggak ternyata masih sulit diterka nih, sob.

Sebab, sejak dekade 80an, terdapat beberapa band dan artis solo yang memperoleh cap dari publik dan media sebagai musisi "heavy metal" di beberapa momen dalam karir mereka, padahal musik yang mereka mainkan cenderung ke arah slow rock dan bahkan pop.

Nah, di bawah ada 5 artis yang lo mungkin nggak akan percaya pernah dinilai termasuk dalam arus heavy metal dan sebab mereka bisa dapat imej tersebut.

Berikut informasi yang HAI himpun dari berbagai sumber.

1. Bon JoviSurat Kabar L.A. Times sempat me-review dan melabeli Bon Jovi dengan sebutan "Messias Heavy Metal" saat mereka merilis album "Slippery When Wet" pada 1986.

Sejak saat itu, Bon Jovi kerap tampil di sejumlah festival metal dan hard rock di era 80an, yang menyejajarkannya dengan band-band seperti Scorpions, Motley Crue, dan Ozzy Osbourne.

Namun, bukti kalo Bon Jovi sama sekali nggak menaruh akar musiknya di heavy metal mulai tampak di album tahun 1992 "Keep The Faith" yang mulai menegaskan unsur pop-rock dalam musiknya.

2. JourneyJourney sempat nggak bisa lepas dari persesi publik yang mengaggapnya sebagai ikon heavy metal era 80an, terlebih saat majalah Kerrang! menempatkan mereka di daftar "100 Album Heavy Berat Terbaik Sepanjang Masa".

Namun, berbeda jauh dari sekarang, Journey kini justru dikenal untuk lagu-lagunya yang bertempo lambat seperti "Don't Stop Believin ", "Lights," "Open Arms," dan "Faithfully."

Baca Juga: Motorhead Bakal Rilis Box Set Spesial Buat Rayakan 40 Tahun Album 'Ace Of Spades'

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest