Follow Us

Awas, Terlalu Lama Main Hape Saat Pup Bisa Bikin Pantat Terkena Ambeien

Bayu Galih Permana - Selasa, 21 Juli 2020 | 20:00
Ilustrasi main hape di toilet
Tribunnews.com

Ilustrasi main hape di toilet

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, hape menjadi benda yang paling wajib dibawa dan nggak bisa lepas dari tangan orang-orang, termasuk ketika mereka tengah buang air besar di toilet.

Padahal, kebiasan membawa hape saat buang air besar bisa memicu kemunculan penyakit akibat pembengkakan pembuluh darah di bagian anus, ambeien.

Ahli bedah kolorektal, Dr. Karen Zaghiyan mengatakan, kebiasaan bermain hape membuat orang-orang ketika BAB membuat orang-orang duduk lebih lama di toilet.

Kebiasaan ini meningkatkan tekanan pada pembuluh darah sekitar anus, yang kemudian membuat aliran darah jadi nggak lancar dan mengalami penumpukan, di mana nantinya akan menyebabkan pembengkakan, rasa sakit, gatal, serta pendarahan ketika buang air besar.

Baca Juga: Kisah Pelajar di Desa Golo Nderu NTT, Kesulitan Belajar dari Rumah Selama Pandemi dan Nggak Tahu Apa Itu Internet

"Sebenarnya, bukan main hape saat BAB yang jadi penyebab wasir, tapi duduk di toilet dalam waktu lamalah yang jadi penyebabnya," terang Karen.

Selain itu, studi di jurnal Germ pada tahun 2017 juga menyebutkan bahwa hape dapat menampung bakteri seperti, Escherichia Coli dan mikroba lain yang bisa menimbulkan masalah kesehatan mulai dari perut mulas, kram, hingga diare.

Apabila hape yang sudah kotor itu dibawa ke toilet, paparan bakteri bakalan semakin meningkat, sehingga nggak cuma risiko ambeien saja yang bakal menghantui, melainkan masalah kesehatan lain juga turut mengancam.

Baca Juga: Biar Jadi Bisa Jadi Player Fortnite Profesional, Ayah Ini Relakan Anaknya Putus Sekolah

Untuk mencegah terkena masalah kesehatan, orang-orang disarankan nggak membawa hape ke dalam toilet, serta diwajibkan mencuci tangan dengan sabun sampai ke sela-sela jari.

Hmm, ngeri juga ya sob. Jadi gimana, masih pada mau main hape pas lagi di toilet? (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest