Follow Us

Ngeri! Ini Dia Penampakan Amfibi Pertama yang Berbisa Seperti Ular

Dio Firdaus - Jumat, 10 Juli 2020 | 16:25
Caecilian bercincin
(sciencealert)

Caecilian bercincin

HAI-Online.com - Pernah denger atau lihat hewan bernama caecilian? Itu loh sob, foto yang HAI pasang di headline. Itu namanya caecilian.

Pertama kali melihat, pasti kamu kira itu hewan persilangan antara ular dan cacing. Padahal ini adalah hewan amfibi loh sob.

Baca Juga: Naik Roller Coaster Saat New Normal Gak Boleh Teriak, Menjerit Hanya dalam Hati Saja!

Namun keunikan dari hewan ini nggak hanya ada di fisiknya aja sob. Tapi ada lagi 'jurus rahasia' dari hewan yang sudah hidup selama ratusan juta tahun di bumi ini.

Mengutip dari Science Alert, peneliti berhasil menunjukan kalau caecilian memiliki kelenjar racun yang bahkan bisa memberikan efek berbahaya pada hewan lain .

Temuan ini merupakan yang pertama kali terlihat pada amfibi. Sehingga caecilian pun menjadi hewan vertebrata darat tertua yang memiliki gigitan berbisa.

Baca Juga: Nyerah Nggak Bisa Beli Ponsel Buat Anaknya Ikutan Kelas Online, Orangtua Bunuh Diri

Analisi mikroskopis menunjukan kalau racun berasal dari jaringan gigi. Ini hampir mirip dengan yang ditemuakn pada ular.

Peneliti sampai saat ini masih menunggu hasil studi mereka untuk mengetahui apa yang terkandung dalam cairan itu dan berapa banyak spesies caecilian yang memiliki karakteristik beracun ini.

Peneliti juga masih menduga bagaimana hewan ini dapat menggunakan racun tersebut. Karena caecilian nggak punya lengan dan kaki, jadi mulut satu-satunya alat untuk mengeluarkan racun ini.

Temuan ini nggak hanya penting untuk studi mengenai caecilian, tapi juga gamabaran evolusi yang lebih luas. Sebab, amfibi yang di bawah tanah ini telah ada jauh lebih lama dari ular. (*)

Source : kompas

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest