Follow Us

Dave Grohl Ungkap Sejumlah Fakta Menarik Album Debut Foo Fighters yang Genap 25 Tahun

Bagas Rahadian - Minggu, 05 Juli 2020 | 17:30
Foo Fighters, 1995
YouTube

Foo Fighters, 1995

HAI-Online.com - Dave Grohl menceritakan sejumlah fakta menarik dari album perdana Foo Fighters, yang rilis pas dengan hari kemerdekaan Amerika Serikat pada 25 tahun silam.

Album perdana Foo Fighters rilis pada tanggal 4 Juli 1995, dan hari ini (4 Juli 2020 waktu AS) menandakan 25 tahun eksistensi album yang menjadi peralihan Grohl dari sound ala grunge tersebut.

Melansir NME, Dave menceritakan bahwa album self-titled tersebut awalnya hanya proyek senang-senang yang tanpa disangka sukses dilirik oleh label rekaman.

Dave bahkan membuat hampir keseluruhan album tersebut seorang diri dengan merekamnya di sebuah tape sebelum membagikannya ke teman-temannya yang ia temui di jalan.

"Saya semangat banget untuk bikin album ini. Maksudku, itu hampir seperti proyek sekolah. Saya mempersiapkannya dan membuat perencanaan untuk ini," kata Grohl, mengutip NME.

Musisi 50 tahun itu lanjut memebicarakan soal lagu favoritnya di album wahid ini: sebuah trek berjudul "Exhausted", yang juga menyimpan fakta menarik perihal proses rekamannya.

Lagu terakhir dalam album ini kabarnya dibuat menggunakan amplifier yang mirip kayak 'kaleng bensin', yang bertanggung jawab atas suara distorsi aneh dalam lagu ini.

"Lagu ini kepikiran terkahir. Suara gitar, yang sangat gila dan meledak, dibuat menggunakan amp yang dibeli co-produser kami di London dan merupakan kaleng bensin."

"Ya, sebuah kaleng plastik merah. Benda yang biasa lo gunakan kalo mobil lo habis bensin. Tapi bedanya dilengkapi dengan pengeras suara kecil," pungkas eks drummer Queens Of The Stone Age tersebut.

Baca Juga: Dave Grohl Sebut Album Baru Foo Fighters Bakal Kental Nuansa David Bowie

Selanjutnya, lagu andalan di album ini, yakni 'This Is A Call', disebut Grohl sebagai obat penyembuh untuknya saat menghadapi kesedihan sepeninggal Kurt Cobain.

Ia pun mengatakan, andaikan ia bisa menulis ulang liner notes album tersebut, ia akan mendedikasikannya untuk kerabat-kerabatnya di Nirvana.

"Seharusnya ini ditujukan ke banyak orang, tapi saya akan mendedikasikannya untuk Krist (bassis Nirvana) dan Kurt," katanya.

"Saya punya anak dan saya tidak bisa mengatakan itu adalah peristiwa paling penting dalam seluruh hidup saya, tetapi aman untuk mengatakan bahwa kita tidak akan berada di sini sekarang membicarakan hal ini jika itu bukan untuk waktu yang saya habiskan di Nirvana." pungkasnya. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest