Follow Us

Ungguli Nirvana dan Oasis, 'OK Computer' Radiohead Didapuk Sebagai Album Era 90an Terbaik

Bagas Rahadian - Sabtu, 13 Juni 2020 | 23:50
Radiohead
sportskeeda.com

Radiohead

HAI-Online.com - Album keluaran tahun 1997 milik Radiohead, ‘OK Computer’, telah memuncaki jajak pendapat pendengar BBC ‘Ultimate 90s Album’, mengalahkan sejumlah album populer tahun 90an lain yang mencakup album milik Oasis, Nirvana hingga R.E.M.

Seperti dikutip dari NME, para pendengar acara Fearne Cotton 'Sounds of the 90s', yang disiarkan di Radio 2 dan BBC Sounds, diminta untuk memberikan suara ke daftar pendek sejumlah album yang dikurasi oleh para tokoh industri musik seperti kepala musik Radio 2 dan kepala juri Radio Mercury Prize Jeff Smith, Radio 2 DJ Trevor Nelson dan personel Scissor Sisters 'Ana Matronic.

Dalam daftar tersebut, Oasis hanya muncul dua kali dengan album keduanya '(What's The Story) Morning Glory' yang berada di urutan kedua, dan album debut 'Definitely Maybe' di urutan keempat.

Sementara, voting tersebut secara keseluruhan muncul dengan hasil sebagai berikut:

1. Radiohead – ‘OK Computer’2. Oasis – ‘(What’s The Story) Morning Glory’3. Nirvana – ‘Nevermind’4. Oasis – ‘Definitely Maybe’5. R.E.M. – Automatic For The People’6. Pulp – ‘Different Class’7. Alanis Morissette – ‘Jagged Little Pill’8. The Verve – ‘Urban Hymns;9. Primal Scream – ‘Screamadelica’10. U2 – ‘Achtung Baby’

Menanggapi kemenangan Radiohead, sang drummer Philip Selway tampak menyampaikan ucapan terimakasih kepada sang produser.

Baca Juga: Radiohead Bakal Siarin Arsip Konser Klasiknya Tiap Minggu di Youtube Sampai Beres Lockdown

"Bekerja dengan [produser] Nigel Godrich di album ini benar-benar membebaskan kami dan memberi sesi kami perasaan menjalankan sekolah setelah semua guru pulang," ujar Selway, seperti dikutip dari NME.

"Lagu favorit saya di album ini adalah 'Let Down', kami merekam lagu itu di sebuah rumah bangsawan Tudor di luar Bath, dan setiap kali saya mendengarnya, saya dapat dengan mudah menempatkan diri kembali di antara kami berlima bermain larut malam, dalam sebuah Kamar berpanel kayu berpanel kayu terasa sedikit menggantung," lanjutnya.

Sementara itu, sang gitaris Ed O'Brien baru-baru ini tampak meyakinkan para penggemar bahwa kemungkinan band rock alternatif itu untuk berkumpul kembali dan membuat album baru akan sangat mungkin untuk terlaksana.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest