Follow Us

Harlan Boer Rilis Double Album 'Fidelitas Cinta', Berkisah Tentang Segala Hal Soal Pandemi

Alvin Bahar - Rabu, 10 Juni 2020 | 14:00
Cover album Harlan - Fidelitas Cinta
Visual Jalanan

Cover album Harlan - Fidelitas Cinta

HAI-ONLINE.COM - Masa pandemi yang mengharuskan di rumah aja menjadi stimulus berseni bagi sejumlah musisi.Salah satunya, Harlan Boer.Harlan Boer baru aja merilis 20 tracks yang dikemas dalam double album berjudul “Fidelitas Cinta”.Mantan personel The Upstairs ini memainkan bermacam genre musik dalam album terbarunya: pop, post-punk, anti-folk, hip hop, downtempo, dangdut, free jazz, hingga avant-garde, yang kesemuanya bersuara lo-fi.“Fidelitas Cinta” sepenuhnya dikerjakan di rumah dengan segala keterbatasannya: dari persiapan komposisi yang memanfaatkan ketersediaan peralatan musik di rumah.“Saya hanya menggunakan beberapa alat musik yang ada di rumah: Gitar istri saya, harmonika yang dikasih teman saya, drum machine Roland keluaran 1987 yang sekitar dua tahun ini dipinjamkan oleh teman saya bersama adaptor yang agak menghasilkan noise, dicolok ke ampli bass Cort, glockenspiel, Casio SA-5, tambourine dan baby tambourine yang sudah agak rusak”, ungkap Harlan.Dalam proses rekaman pun idem. Harlan nggak menggunakan software untuk merekam di laptop, juga tanpa mikrofon yang layak. Ia merekam seluruh track secara langsung dengan handphone yang ia miliki.

Baca Juga: 6 Bahaya Menyerang Kamu yang Suka Begadang, Dari Gangguan Mental Sampe Serangan Jantung

Rekaman yang dilakukan di rumah pun mengundang sejumlah "hal asing" yang masuk.Harlan menjelaskan satu waktu dalam proses rekamannya yang hampir selesai, lalu anaknya masuk ke kamar dan mengajak dirinyamengobrol. “Juga pernah pas hujan lebat, jadi sekalian saja saya rekaman sebuah lagu, supaya suara hujan masuk ke dalam rekaman”, ungkapnya.

Harlan Boer
Yulio Abdul Syafik

Harlan Boer

Balik lagi ke pandemi, era yang penuh ketidakpastian, selalu berjaga-jaga, berbagai kesulitan domestik, perjumpaan yang perlu ditunda bahkan untuk bertemu orang-orang terdekat, pendapatan menurun, dan ramainya keluhan-keluhan. Segala batasan tersebut yang menjadi tema komposisi track pada double album “Fidelitas Cinta”Double Album “Fidelitas Cinta” dirilis daring oleh VJ>Play dari Visual Jalanan, sebuah wadah daring bertajuk “DIY Sound Lab Media” di JakartaDengerin albumnya di sini.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest