Follow Us

5 Alasan Kenapa Remaja Belum Siap untuk Nge-Seks Menurut Ahlinya...

Al Sobry - Selasa, 26 Mei 2020 | 14:33
Perlindungan ganda, biar nggak gampang melepas keperjakaan eh

Perlindungan ganda, biar nggak gampang melepas keperjakaan eh

Masih Takut Ada banyak faktor yang membuat remaja mencoba-coba melakukan aktivitas seksual, tetapi banyak juga yang beralasan sepele, karena takut ditinggal pacar.

Baca Juga: Pengakuan Ari Lasso Ini Nunjukin Kehidupan Musisi Itu Jauh dari Dugem

Melakukan seks karena ada perasaan takut seperti ini, malah membuat pelaku menyesal, tak lama setelah seks dilakukan.

Ruli (21), mengakui meski ia sudah tahu dampak seks pranikah, tapi ia tetap melakukannya karena pernah ada rasa takut kehilangan pacarnya.

"Karena saya sayang sama dia dan takut kehilangan kalo menolak," katanya, waktu itu melakukan seks pertamanya saat duduk di bangku SMA.

Kemudian timbullah guilty feeling dan ia merasa sangat berdosa.

Menurut ahli, jika sudah ada perasaan seperti itu sebelumnya, secara psikologi orang yang pernah menyesal, hidup yang dijalani selanjutnya tak baik-baik saja. Orang ini selalu menyimpan perasaan luka yang mengurangi rasa bahagia.

Udah siap, nyimpen luka dan berbekas selamanya?

Cuma Ikut-ikutan

Nah, alasan lain remaja ngeseks di usia muda adalah tekanan dari teman sebaya yang menganggap berhubungan seksual dengan pacar adalah gaya hidup modern. Kalo nggak begituan, dianggap kuno.

Menurut psikolog Roslina Verauli, remaja yang masih cuma ikut-ikutan tren melalukan ini secara psikologi dia belom siap melakukannya. Berarti, pengaruh luar sangat masuk ke jiwanya, padahal mestinya kontrol tetap ada pada diri remaja, itu baru siap, melakukan sesuatu atas keinginan sendiri, bukan karena dorongan orang lain.

Baca Juga: Good Morning Everyone Rilis Single Galau “Bukan Begitu Caramu” untuk Kamu yang Pernah Ditinggal Pacar

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest