Follow Us

Mahasiswa Bocorin Asiknya Kuliah Double Degree: CV Keren, Pergaulan Lebih Luas

Alvin Bahar - Selasa, 26 Mei 2020 | 09:30
Ilustrasi kuliah
iStockphoto

Ilustrasi kuliah

HAI-ONLINE.COM - Masih bingung mau kuliah di mana? Kenapa nggak ambil double degree aja?Eits, belum tau kuliah double degree itu apa? Ini adalah program yang bikin kita bisa mendapatkan dua gelar sekaligus hanya dengan satu kali kuliah.Menarik kan? Punya dua gelar dari dua perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri, lengkap dengan segala keuntungannya.Makanya jangan heran kalau sebagian besar anak seumur kita banyak yang berminat dengan konsep tersebut.Ada sebuah bocoran nih dari Razqi Rivandha, Mahasiswa Jurusan HI UGM Yogyakarta angkatan 2012.

Baca Juga: Belajar di Indonesia Tapi Dapat Gelar Sarjana dari Amerika, Ternyata Bisa!Cowok asal Pontianak, Kalimantan Barat ini ngambil double degree dengan jurusan international studies Flinders University, Adelaide Australia."Alasan saya dulu ambil double degree karena ada kesempatan aja sih, dulu emang pengen banget bisa kuliah di luar negeri," paparnya.

"Namun setelah berdiskusi dengan ortu, lebih praktis ikutan double degree, dalam artian walaupun kuliah di kampus dalam negeri, namun ada kesempatan juga mencicipi studi di luar negeri," lanjutnya.Razqi juga ngasih tau kalo double degree itu double juga keuntungannya lho.

"Dari sisi akademis kita diuntungkan dengan dua gelar sekaligus dan mendapat dua ijazah. Dari segi materi yang diperoleh akan lebih luas lagi karena pernah mengenyam pendidikan di luar walaupun satu tahun, terus dari segi bahasa asing juga kita dituntut untuk menguasainya," katanya."Kalau keuntungan non-akademis jelas kita lebih terbuka dengan pergaulan dengan berbagai macam negara, relasi pertemanan global, lebih mandiri juga karena di luar dituntut untuk survive, dan yang jelas setelah lulus program ini pamor CV kita naik karena jebolan program Double Degree."Dirinya juga merasakan perbedaan antara kuliah di Indonesia dan di nagri. Mulai dari sistem pembelajaran dan kehidupan. "Misal beban kuliah di Flinders itu lebih sedikit ketimbang di UGM. Hanya 4 mata kuliah saja per-semester, sedangkan waktu di UGM kan satu semester bisa sampai 8 mata kuliah."Ia melanjutkan, "Namun walaupun sedikit, di Flinders itu gaya belajarnya sangat rinci misalnya saja untuk satu mata kuliah saja memilki dua klasifikasi yaitu 1 jam lecturing dan 1 jam tutorial, nah saat tutorial pun masih dibagi ke dalam 3 kelas lagi supaya lebih kondusif."Makin penasaran sama kuliah double degree?

HAI bersama Sampoerna University bikin webinar tentang kuliah double degree nih.

Ada Tasya Kamila yang bakal nyeritain pengalamannya kuliah di Amerika Serikat juga!

Ikuti juga webinar HaiClass “Masa Depan Sempurna” bersama Sampoerna University. Gratis! Bisa dapat uang elektronik pula.

Daftar di sini ya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular