Follow Us

Jangan Pernah Gengsi, Menertawakan Diri Sendiri Ternyata Menyehatkan Pikiran Lho

Bagas Rahadian - Kamis, 21 Mei 2020 | 20:25
Ilustrasi tertawa
iStockphoto

Ilustrasi tertawa

HAI-Online.com - Banyak orang yang mungkin masih beranggapan bahwa kebahagiaan hanya bisa didapat dari hal-hal di luar diri kita.

Seperti misalnya, jokes yang dilemparkan teman-teman kita ketika sedang nongkrong, atau acara tontonan yang menyajikan konten-konten lucu.

Memang sih, semua hal tersebut bisa bikin kita merasa lebih rileks bahkan di situasi nggak nyaman sekalipun.

Baca Juga: Bau Badan Orang Bahagia Dapat Menularkan Kebahagiaan, Kok Bisa?

Kendati demikian, nyatanya kita melulu bisa mengandalkan hal-hal di luar diri kita untuk membuat kita merasa bahagia ataupun tertawa lepas.

Dengan kata lain, ada kalanya kita harus belajar untuk menjadikan diri sendiri sebagai objek yang membuat kita bahagia.

Nah, dalam hal ini, tentu nggak semua orang mampu melakukannya, mungkin gara-gara gengsi atau takut dianggap aneh kali yaa.

Meski demikian, kemampuan menertawakan atau mempelonco diri sendiri agaknya menjadi sebuah hal esensial untuk bisa dipraktikan setiap orang, karena kemampuan ini diketahui punya manfaat yang baik untuk psikis manusia.

Sebagaimana dikutip dari National Geographic Indonesia, penelitian dari Universitas Granada menunjukkan bahwa orang yang sering bercanda mengenai dirinya sendiri, secara psikologis akan lebih merasa tenteram.

Menurut Jorge Torres Marin, salah satu penelitinya, menertawakan diri sendiri berkaitan dengan nilai atau tingkat kesejahteraan psikologis yang tinggi.

Tingkatan ini bisa menunjukkan seberapa bahagia seseorang dan seberapa mampu dia bersosialisasi dengan baik.

Ketika seseorang merasa stres, maka tubuhnya akan menghasilkan hormon seperti kortisol yang jika terlalu tinggi maka berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular