Follow Us

Hindari Pencet Jerawat Secara Paksa, Ini 4 Solusi Menghilangkannya!

Al Sobry - Kamis, 21 Mei 2020 | 13:07
Hindari Pencet Jerawat Secara Paksa, Ini Solusi Menghilangkannya!
Indiatimes

Hindari Pencet Jerawat Secara Paksa, Ini Solusi Menghilangkannya!

HAI-Online.com - Jerawat emang suka datang tiba-tiba dan mengganggu serta merusak penampilan. Itu sebabnya, nggak sedikit dari kita yang berusaha menghilangkannya dengan cara memencet jerawat secara paksa.

Enak, tapi perbuatan itu berbahaya juga. Michelle Rodrigues, seorang konsultan dermatologi di Rumah Sakit St. Vincent di Melbourne pernah bilang, saat kita menekan jerawat, sel kulit mati dan bakteri dipaksa berada di bawah permukaan kulit.

Hal tersebut justru bisa menyebarkan infeksi ke area kulit lainnya.

Baca Juga: Sarah Keihl Bikin Prank Lelang Keperawanan Rp 2 M, Udah Minta Maaf tapi Ketahuan Nggak Tulus

“Memencet dan mencoba untuk mengeluarkan isi jerawat bukan solusi terbaik dan malah bisa bikin kulit kita lebih parah,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa hal itu bisa menyebabkan infeksi dan penggelapan di daerah tempat kita memencet paksa jerawat.

“Peradangan bisa menjadi begitu buruk dan meninggalkan jaringan parut saat jerawat akhirnya mereda. Jaringan parut nggak kayak jerawat, soalnya dia bisa permanen,” lanjut Michelle lagi.

Terus, apa solusinya nih?

1. Sembuhin Sendiri (self healing)

Kita diminta untuk menahan keinginan memencet jerawat itu. Michelle bilang, biasanya jerawat bakal sembuh sendiri dalam waktu sekitar semingu tanpa meninggalkan bekas luka apapun.

Selain itu, jerawat juga bakal hilang atau kering dengan sendirinya.

2. Minum Jahe

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest