Follow Us

Masih Berani Keluar Rumah Nggak Pake Masker? Siap-siap Bersihin Fasilitas Umum dan Denda Ratusan Ribu Rupiah Ya Sob

Alvin Bahar - Selasa, 12 Mei 2020 | 12:23
Oknum TNI (jas hujan pink) tak terima diberhentikan oleh petugas meski tak menggunakan masker
Tribun Jateng

Oknum TNI (jas hujan pink) tak terima diberhentikan oleh petugas meski tak menggunakan masker

HAI-ONLINE.COM - Kalo lo anak Jakarta, mulai sekarang, stop bandel keluar rumah nggak pake masker, deh. Soalnya udah ada peraturan yang bakal bikin lo kena sanksi kalo keluar rumah nggak pake masker.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di DKI Jakarta. Pergub ini dimaksudkan sebagai dasar pengenaan sanksi terhadap pelanggaran pelaksanaan PSBB.

Salah satunya adalah sanksi bagi masyarakat yang nggak mengenakan masker saat keluar rumah atau berada di tempat umum. Dalam Pasal 4 Pergub tersebut, terdapat tiga sanksi bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker.Pertama adalah sanksi administrasi teguran tertulis, lalu sanksi kerja sosial berupa membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi.

Baca Juga: Mike Shinoda Bocorkan Lagu Linkin Park Terbaik Versinya, Ada yang Bisa Nebak?Kemudian yang terakhir adalah sanksi denda administratif paling sedikit Rp 100.000 dan paling banyak Rp 250.000.

"Pemberian sanksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja dan dapat didampingi oleh Kepolisian," tulis Pergub tersebut seperti dikutip oleh Kompas.com. Pergub ini pun telah ditetapkan sejak tanggal 30 April 2020 lalu.Sebelumnya, kewajiban bagi masyarakat untuk menggunakan masker saat keluar rumah sudah tercantum dalam Pasal 5 Pergub Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di DKI Jakarta. Pasal tersebut berbunyi: "Selama pemberlakuan PSBB, setiap orang wajib: a. Melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan b. Menggunakan masker di luar rumah".Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pergub Baru Anies, Warga Didenda Maksimal Rp 250.000 jika Tak Pakai Masker Saat Keluar Rumah"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest