Follow Us

Artwork Orisinil nan Bersejarah dari Album Debut Led Zeppelin Siap Dilelang, Harga Nggak Sampe Rp1 M

Bagas Rahadian - Minggu, 10 Mei 2020 | 18:00
Led Zeppelin
Led Zeppelin

Led Zeppelin

HAI-Online.com - Album debut milik band rock legendaris Inggris, Led Zeppelin dengan judul self-titled memang pantas dikenang sebagai salah satu album rock terbaik sepanjang masa.

Di dalamnya, terdapat sejumlah hits awal yang disebut-sebut sebagai terobosan bagi kancah musik hard rock di era tersebut, melalui kemunculan sejumlah single seperti 'Communication Breakdown' dan 'Good Times Bad Times'.

Dan baru-baru ini, kabarnya salah satu aspek bernilai dari album tahun 1969 tersebut, yakni artwork pada cover rilisan fisiknya, akan dilepas untuk menjadi barang pribadi publik alias dilelang.

Melansir Rolling Stone, artwork orisinil dari album tersebut akan dilelang melalui rumah pelelangan asal Britania Raya, Christie's, dalam penjualan yang bakal dimulai pada 2 hingga 18 Juni mendatang.

Sementara, mengenai artwork yang kabarnya bakal dilelang mulai dari harga 20.000 dollar AS (Rp. 200 juta) itu, tersimpan sejumlah anekdot yang telah menjadikannya barang langka.

Berdasarkan artikel Rolling Stone, artwork bernuansa abstrak tersebut merupakan desain dari George Hardie, yang menampilkan hasil jepretan ikonik dari fotografer Sam Shere dari peristiwa musibah Hindenburgh.

George mendesain karya itu ketika doi masih menjadi mahasiswa pasca-sarjana di Royal College of Art di London, Inggris, usai temanya yakni fotografer Stephen Goldblatt, merekomendasikannya ke band rock legendaris Led Zeppelin.

Dan setelah menolak beberapa ide artwork pertama George Hardie, sang gitaris Jimmy Page menyarankan dia untuk melakukan sesuatu dengan foto Hindenburg milik Sam Shere.

Baca Juga: Cuma Punya Chord yang Mirip, Lagu Led Zeppelin Diputuskan Nggak Langgar Copyright

Dalam pengambilan foto tersebut, George menggunakan kertas kalkir, yakni semacam kertas tipis transparan, untuk membuat ulang gambar dengan metode titik-titik kecil untuk menciptakan kesan bak foto koran resolusi rendah.

Namun, di akhir cerita, Robert Plant dkk. kabarnya hanya membayar Hardie sebesar £60 (Rp. 982 ribu) untuk artwork tersebut dengan sebuah catatan kecil di dalamnya bertuliskan 'dana pensiun George'.

"Nilai historis dari sampul album ini tidak dapat diremehan," kata Peter Klarnet, selaku spesialis senior buku dan manuskrip dari Christie's.

"Ini menandai titik balik dalam sejarah musik pop, yang diawali oleh debut Led Zeppelin. Musik (di album ini) lebih keras, lebih berani dari yang pernah ada dan kelak menentukan ciri musik hard rock selama beberapa generasi setelahnya. Visualisasi sederhana dari peristiwan Hindenburg ini layaknya sebuah monumen untuk momen bersejarah tersebut. Dan gambarnya telah bertahan sedemikian rupa sehingga sebagian besar sampul album lainnya belum - sangat banyak mengambil nyawanya sendiri," paparnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest