Follow Us

Tiba-tiba Cegukan Waktu Puasa? Nggak Perlu Minum, Begini Cara Ngatasinnya

Annisa Putri Salsabila - Minggu, 10 Mei 2020 | 21:00
ilustrasi saat cegukan
kompas.com

ilustrasi saat cegukan

Hai-online.com - Cegukan pasti ganggu banget dan bikin kita ngerasa nggak nyaman. Apalagi waktu puasa gini, kita nggak bisa minum banyak air untuk mengatasi cegukan. Tapi, nggak perlu khawatir, ada banyak cara lain yang bisa kita coba untuk ngatasin cegukan waktu puasa.

Cegukan bisa terjadi akibat otot-otot diafragma mengalami kejang, kontraksi, atau peregangan. Otot diafragma adalah salah satu jenis otot yang berbentuk seperti kubah dan tersekat di antara ulu hati dan di atas perut.

Otot diafragma yang berkontraksi bakalan maksain udara untuk masuk ke tenggorokan. Di saat itulah udara yang dipaksa masuk terkena kotak suara dan bikin pita suara secara tiba-tiba menutup.

Penutupan pita suara yang terjadi secara mendadak mengakibatkan suara “hik” cegukan yang sering didengar. Ada banyak hal yang jadi penyebab cegukan saat puasa, di antaranya:

Baca Juga: [ARTIKEL POPULER MINGGU INI]: Polisi Ancam Tembak Ferdian Paleka hingga Cara Buka Situs yang Diblokir tanpa VPN

Makan berlebihan saat sahur

Makan terlalu cepat saat sahur

Minum minuman bersoda saat sahur

Banyak menelan udara

Perubahan suhu yang mendadak

Namun, kita bisa juga ngalami cegukan waktu puasa karena otak bereaksi sama emosi tertentu. Misalnya, merasa gugup, cemas, stres, atau terlalu bersemangat. Emosi yang meluap-luap bisa sebabkan gangguan di saraf yang ngehubungin otak dengan diafragma.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest