Follow Us

Beredar di WhatsApp Pemerintah Bagikan Kuota 10 GB, Ternyata Hoaks

Annisa Putri Salsabila - Rabu, 06 Mei 2020 | 19:40
Pesan whatsApp yang beredar di masyarakat
sesa

Pesan whatsApp yang beredar di masyarakat

Hai-Online.com - Baru-baru ini beredar pesan WhatsApp bahwa pemerintah +62 lagi bagi-bagi kuota data internet sebesar 10 GB.

Isi pesan itu mengatakan kalo kuota data itu dibagikan secara cuma-cuma untuk melawan Covid-19.

Baca Juga: Daniel Radcliffe Bakal Bacain Novel Harry Potter, Netizen Indonesia Berasa Ujian Listening

"Meskipun kita diwajibkan untuk tetap di rumah, tapi sangat penting untuk kita tetap berhubungan dengan kerabat maupun keluarga," bunyi potongan pesan itu.

"Maka dari itu pemerintah bekerja sama dengan seluruh provider di Indonesia membagikan kuota sebesar 10 GB," lanjut lagi sambil mencantum lkan sebuah tautan yang mengarah ke pengguna halaman sebuah situs yang mencurigakan.

Di dalam halaman itu, pengguna diminta untuk mengklik tombol persetujuan untuk dapetin kuota internet 10 GB tersebut.

Ketika coba diakses, Selasa kemaren (5/5/2020) sekitar pukul 12.00 WIB, situs yang dimaksud udah nggak bisa diakses oleh sebagian layanan operator seluler.

Sebagian klaim masih ada yang bisa ngebuka. Namun bisa dipastikan setelah dibuka pun tidak ada isinya alias tipuan atau hoaks.

Baca Juga: Instagram Punya Stiker 'Pesanan Makanan' di Stories, Bagus Banget Untuk Kamu yang Bisnis Kuliner

Kominfo juga udah masukin pesan itu ke dalam Laporan Isu Hoaks tertanggal Senin, 4 Mei 2020.

Menurut pihak Kementerian Kominfo, informasi dalam pesan tersebut nggak benar dan bukan berasal dari sumber yang kredibel.

"Diimbau kepada masyarakat agar lebih hati-hati dalam menerima pesan berantai seperti ini, karena cara tersebut bisa jadi merupakan tindak kejahatan berbasis internet," tulis pihak Kementerian Kominfo dalam salah satu laporan isu hoaks terbaru.

Ini bukanlah pertama kalinya beredar kabar hoaks soal kuota internet gratis di tengah pandemi Covid-19 ini. Beberapa waktu lalu, pesan hoaks dengan tema serupa juga sempat beredar.

Jangan gampang klik ya, genk. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest