Follow Us

Bikin Kelas Online Lo Makin Kece dengan Mengubah DSLR Canon Jadi Webcam, Gini Caranya

Annisa Putri Salsabila - Rabu, 06 Mei 2020 | 20:30
penggunaan DSLR untuk webcam
youtube.com

penggunaan DSLR untuk webcam

Hai-Online.com - Pandemi Covid-19 bikin semua kegiatan terpaksa harus lewat telekonferensi yang akhirnya sering dilakukan dari rumah. Sayangnya, kebanyakan webcam di PC atau laptop yang dipake untuk keperluan kerja atau tugas sekolahan, punya tangkapan gambar dengan kualitas yang tak begitu baik.

Nah, para pemilik DSLR, mirrorless, serta high-end point and shoot Canon sebenernya bisa pake kameranya untuk webcam supaya dapet kualitas tampilan yang jauh lebih bagus.Baca Juga: Setelah 15 Tahun, Cliffton dan Vincent Rompies Bermusik Bareng Lagi dalam Lagu 'Pasti Berlalu'

Caranya adalah dengan pake tool software bernama EOS Webcam Utility Beta yang beru dirilis sama Canon, berikut kabel USB untuk menghubungkan kamera ke PC atau laptop.

"Software versi beta ini membantu konsumen meningkatkan penampilan dalam video saat menggunakan aplikasi telekonferensi populer, memberikan tampilan lebih jelas dan berkualitas," tulis Canon dalam deskripsi tentang EOS Webcam Utility Beta.

Karena masih berstatus "beta", pengguna EOS Webcam Utility kemungkinan masih menjumpai bug selama pemakaian.

Tool ini juga baru tersedia untuk sistem operasi Windows 10 64-bit. Dikutip dari KompasTekno dari The Verge, Selasa (5/5/2020), ada 25 kamera compact, mirrrorless, dan DSLR Canon yang sejauh ini bisa "disulap" jadi webcam, mulai dari PowerShot G5X Mark II, EOS R, sampe model teratas EOS-1DX Mark Mark III.EOS Webcam Utility bisa diunduh di situs Canon di tautan berikut. Untuk cara pasangnya, silakan ikuti instruksi dalam video yang dibuat sama Canon dalam link ini. Daftar selengkapnya dari kamera Canon yang bisa diubah jadi webcam dengan EOS Webcam Utility bisa dilihat di bawah.

Baca Juga: 5 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Penyakit Jantung di Usia Muda

Kamera DSLR

EOS-1D X Mark II

EOS-1D X Mark III

EOS 5D Mark IV

Halaman Selanjutnya

EOS 5DS
1 2 3 4

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest