Follow Us

Dari The Beatles Hingga Slayer, Drummer System Of Down Sebutkan 10 Album Musik Yang Ubah Hidupnya

Bagas Rahadian - Senin, 27 April 2020 | 15:00
John Dolmayan
Loudersound/Greg Watermann

John Dolmayan

HAI-Online.com - Drummer System Of A Down, John Dolmayan, mengungkapkan sederet album musik yang ia sebut berpengaruh dalam hidup sekaligus kreasinya dalam bermusik.

Sebagai pengatur ritme di band metal alternatif, referensi musik yang John miliki ternyata mengandung beragam warna, yakni mulai dari lagu-lagu The Beatles hingga Slayer.

Dalam wawancara dengan Loudwire, berikut 10 album musik yang telah berhasil mengubah hidup seorang John Dolmayan.

Baca Juga: Simak Penampilan Keren Miley Cyrus Cover Lagu 'Wish You Were Here' Milik Pink Floyd

1. Pink Floyd - The WallJohn ternyata fans dari band rock Inggris, Pink Floyd, terutama untuk album ke-11 mereka yakni 'The Wall'.

"Gue dengerin album ini setiap hari selama satu tahun berturut-turut, gue butuh waktu setengah jam untuk berjalan ke sekolah dan setengah jam pulang, dan pas gue masih kecil gue punya Walkman kecil untuk dengerin album ini setiap hari," ungkap John.

2. Radiohead - OK ComputerMusisi keturunan Armenia ini mengaku juga banyak memperoleh inspirasi untuk musiknya dengan mendengarkan lagu-lagu rock alternatif khsusunya Radiohead.

"Salah satu album terkomplit yang telah gue dengarin ratusan kali selama bertahun-tahun. Album ini udah ngasih gue begitu banyak inspirasi untuk apa yang ingin gue lakukan, dan begitu banyak kejutan dan suara baru setiap kali gue dengerin album ini," ungkapnya.

3. Faith No More - Album Of The YearSalah satu referensi John yang bernuansa eksperimental datang dari Faith No More dan album ke tujuhnya yang berjudul "Album Of The Year". "Album yang fantastis yang juga meruapak album Faith No More favorit gue, meskipun jelas saya suka semuanya. Ini koleksi lagu mereka yang paling muram, dan gue suka musik kayak gitu, dan salah satu penyanyi terbaik sepanjang masa menyanyikan lagu-lagu luar biasa. Di tahun 1998 hampir tiap hari gue dengerin album ini," kata John terkait album tahun 1997 itu.

4. Slayer - South Of Heaven Salah satu album thrash metal yang John sebut adalah album ke empat Slayer yakni 'South Of Heaven', yang menurutnya menjadi album Tom Araya dkk. yang punya warna ikonik. "Album ini ngasih efek yang sangat besar ke gue karena ini adalah album Slayer yang paling merdu. Gue berpikir bahwa Slayer dan Metallica berada pada titik yang sama ketika rekaman ini keluar, tetapi Metallica selalu lebih melodik. Dan gur pikir alasan mereka menjadi jauh lebih besar selama bertahun-tahun adalah karena Slayer meninggalkan melodi dan pergi ke begitu banyak arah lain, sedangkan Metallica hanya melangkah lebih jauh dengan melodi, yang mana gue ikuti,"

5. Metallica - ...And Justice For AllMungkin nggak afdol untuk seorang musisi metal bila nggak nyebutin album Metallica dalam daftar referensi musiknya. Dan benar demikian, album '...And Justice For All' jadi salah satu album favorit John.

"Terlepas dari kenyataan bahwa tidak ada bass di dalamnya, itu adalah set lagu paling lengkap yang pernah ditulis band ini. Yang paling lengkap, paling kompleks, ada begitu banyak kemarahan dalam diri mereka karena mereka baru saja kehilangan bassist Cliff Burton. Jadi, gue pikir saat itulah mereka berada di posisi terbaik secara emosional. Mereka memperluas segalanya bagi gue," katanya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest