Follow Us

Awas! Fenomena Zoombombing Muncul di Telekonferensi Zoom, Begini Cara Ngatasinnya

Bayu Galih Permana - Selasa, 07 April 2020 | 12:18
Ilustrasi penggunaan Zoom
BBT University

Ilustrasi penggunaan Zoom

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, aplikasi Zoom saat ini tengah menjadi andalan perusahaan untuk memantau para pekerja mereka yang tengah WFH, atau sebagai sarana bagi pelajar dan mahasiswa untuk melakukan kelas online.

Sayangnya, aplikasi satu ini ternyata mempunyai celah yang bisa mengganggu kenyamanan pengguna, di mana orang nggak diundang dapat ikut bergabung dalam konferensi.

Dikenal dengan nama zoombombing, orang-orang nggak diundang ini biasanya melakukan hal yang mengganggu, salah satu contoh yang paling sering dilakukan adalah membagikan gambar nggak senonoh.

Fenomena satu ini biasanya terjadi karena pihak host yang nggak hati-hati saat menyebar link undangan telekonferensi, sehingga dapat dilihat oleh publik secara umum.

Baca Juga: Brilian! Bocah Ini Ciptakan Alat untuk Telinga Petugas Medis Biar Nggak Sakit karena Pakai Masker

"Ancaman Zoom Bombing bisa menjadi masalah besar bagi banyak pihak, untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan pengaturan yang tepat untuk mencegah terjadinya pembajakan," ujar IT Security Consultant PT Prosperita ESET Indonesia, Yudhi Kukuh.

Dalam keterangan tertulisnya, ESET Indonesia menerangkan ada cara mudah yang bisa diterapkan untuk mencegah orang nggak diundang bergabung dalam meeting lewat zoombombing, yakni dengan memberlakukan Waiting Room.

Fitur yang satu ini membuat partisipan mesti menunggu terlebih dahulu di dalam "ruang tunggu" sementara sebelum mendapat approval satu demi satu dari host.

Dengan demikian, penyelenggara telekonferensi bisa selektif memilih siapa saja yang dibolehkan hadir sehingga oknum nakal nggak akan bisa bergabung dalam telekonferensi.

Baca Juga: Agar Lebih Produktif Di Rumah, Nikon Gratiskan Kursus Fotografi Online

Cara Mengaktifkan Waiting Room

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest