Follow Us

Kisah Pasien COVID-19 Pertama Di Malang, Baru Tahu Positif Saat Pulang

Annisa Putri Salsabila - Jumat, 03 April 2020 | 07:30
ilustrasi pemeriksaan dokter
iStockphoto

ilustrasi pemeriksaan dokter

Hai-Online.com- Mahasiswa salah satu Universitas Negeri di Kota Malang, Jawa Timur, bernama Rhesa Haryo Wicaksono menceritakan pengalamannya setelah dinyatakan sembuh dari terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Ternyata, pria berusia 22 tahun itu baru tahu dirinya terjangkit virus yang banyak memakan korban jiwa itu setelah pulang ke rumahnya. Ia diketahui sebagai pasien positif Covid-19 pertama di Kota Malang.

Baca Juga: Bosen Karantina, Tonton Film Bertema Masak, Biar Bikin Ngiler

Rhesa awalnya menjalani perawatan di Rumah Sakit Panti Nirmala Kota Malang. Kemudian pada 11 Maret 2020, ia dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang untuk menjalani isolasi.

Selama menjalani perawatan, kondisi Rhesa terus menunjukkan perbaikan. Itu setelah dari ruang ICU panasnya turun meskipun masih agak sesak saat dibuat jalan.

Setelah 9 hari dirawat, akhirnya pada Jumat, (20/3/2020) dia dinyatakan sembuh. Keesokan harinya atau pada Sabtu,(21/3/2020) ia diperbolehkan pulang.

Resha mengaku tidak menyangka bakal terjangkit Covid-19. Selama menjalani perawatan di ruang isolasi, Rhesa tidak diberi tahu sakit yang dideritanya.

“Saya keluar pada Sabtu tanggal 21, tanggal 23 baru dikasih tahu setelah di rumah. Ibu yang ngasih tahu,” kata Resha seperti dikutip Kompas.com pada Rabu (1/4/2020).

Rhesa mengaku sempat curiga dirinya terinfeksi virus corona. Itu setelah dia membaca berita di media massa tentang adanya pasien di RSSA yang dinyatakan positif.

Baca Juga: Aktor Jack Black Ciptakan Joget Karantina Di Aplikasi Tik Tok

Namun, Rhesa memilih tetap tenang dan tidak panik. Rhesa juga tidak pernah bertanya kepada dokter tentang penyakit yang dideritanya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest