Follow Us

Banyak Artis Pakai Kalung Anti-virus Biar Nggak Kena Covid-19, Ahli: Useless

Bayu Galih Permana - Selasa, 31 Maret 2020 | 08:45
Kalung anti-virus yang dianggap ampuh melindungi diri dari serangan Covid-19.
TOM GRUNDY/HKFP

Kalung anti-virus yang dianggap ampuh melindungi diri dari serangan Covid-19.

HAI-Online.com - Beberapa waktu belakangan, sejumlah orang, termasuk artis-artis tanah air, terlihat menggunakan kalung anti-virus pada leher untuk membentengi diri mereka dari serangan Covid-19.

Melihat fenomena banyaknya orang yang memakai kalung anti-virus sejak virus corona merebak, seorang ahli virus atau lebih dikenal dengan virologist bernama Dr Ariane Davison mengatakan bahwa tindakan itu nggak berguna.

Seperti dilansir HAI dari HKFP, Davison menyebut kalung anti-virus yang dipakai nggak akan melindungi diri mereka dari Covid-19.

"Sepenuhnya penipuan. Kalung itu nggak akan melindungi kalian dari virus yang menyerang sistem pernapasan," ujar Davison mengomentari fenomena yang ada.

Baca Juga: Corona Melanda, Haruka Nekat Tinggalkan Indonesia Lebih Cepat dari Agendanya

Davison menjelaskan, hal itu terjadi karena kalung tersebut dipakai di leher, bukan hidung, mulut, ataupun mata yang menjadi tempat di mana virus corona masuk ke tubuh.

"Alat ini dipakai di leher. Apabila dipakai dekat wajah, klorin dioksida yang dimilikinya malah akan menyebabkan masalah pernapasan, iritasi mata, dan kulit terbakar karena bersifat sangat korosif," jelasnya.

Lebih lanjut, Davison menerangkan bahwa klorin dioksida dipakai untuk mensterilkan permukaan benda keras dan nggak boleh digunakan di dekat wajah.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo Umumkan Jadwal Baru Setelah Ditunda Akibat Pandemi Covid-19

"Kalung ini nggak berguna untuk melindungi diri dari Covid-19," tutup Davison.

Tuh dengerin sob! Daripada beli alat-alat yang useless, lebih baik terapkan saran-saran ahli seperti rajin cuci tangan agar terhindar dari virus corona, oke? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest