Follow Us

Pasien yang Sembuh Bisa Kebal dari Coronavirus, Berikut Syaratnya

Annisa Putri Salsabila - Jumat, 27 Maret 2020 | 15:45
Doctos discussing with Corona or covid-19 virus
iStockphoto

Doctos discussing with Corona or covid-19 virus

Hai-Online.com- Penyebaran virus corona di berbagai belahan dunia terus meluas.

Hingga Kamis (26/3/2020) pagi, tercatat 198 negara mengonfirmasi kasus positif Covid-19. Sementara, jumlah kasus yang terkonfirmasi sebanyak 467.520. Jumlah orang yang meninggal dunia sebanyak 21.174 dan 113.808 pasien sembuh.

Ngomongin soal kondisi pasien yang sembuh, banyak yang bertanya-tanya apakah mereka yang udah sembuh dari Covid-19 bisa jadi kebal sama virus corona. Dilansir dari New York Times, jawabannya benar, asalkan udah memenuhi syarat.

Hal itu penting karena ada beberapa alasan. Misalnya, orang yang dikonfirmasi udah sembuh bisa pergi dari rumah mereka dan membantu menopang tenaga kerja sampai vaksin menjadi tersedia.

Baca Juga: Desa Ini Jadikan Cewek Obesitas sebagai Primadona, Badan Kurus Dianggap Nggak Menarik

Secara khusus, petugas kesehatan yang diketahui kebal bisa terus merawat yang sakit parah. Menumbuhkan kekebalan dalam komunitas juga merupakan cara mengakhiri pandemik ini.

Dengan semakin sedikit orang yang terinfeksi, virus corona akan kehilangan pijakannya dan bahkan warga yang paling rentan pun menjadi lebih terisolasi dari ancaman itu.

Kekebalan juga bisa menjadi pengobatan dini. Antibodi yang dikumpulkan dari tubuh mereka yang udah pulih bisa digunain buat ngebantu mereka yang berjuang melawan Covid-19.

Pada Selasa (24/3/2020), Badan Pengawas Obat dan Makanan AS menyetujui penggunaan plasma dari pasien yang pulih untuk mengobati beberapa kasus parah. Sehari sebelumnya, Gubernur Andrew M. Cuomo mengumumkan kalo New York bakal jadi negara pertama yang mulai menguji serum dari orang-orang yang dinyatakan pulih dari Covid-19 untuk ngobatin mereka yang sakit parah.

Baca Juga: Ungkapkan Rasa Jengah Sama Social Distancing, Warganet Nyanyiin Lagu 'I Miss You' Blink-182

"Ini adalah uji coba untuk orang-orang yang berada dalam kondisi serius, tetapi Departemen Kesehatan Negara Bagian New York telah mengerjakan hal ini dengan beberapa agen perawatan kesehatan terbaik New York, dan kami pikir itu menunjukkan hasil," kata Cuomo. Garis pertahanan pertama tubuh terhadap virus menular adalah antibodi yang disebut imunoglobulin M.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasien yang Sembuh dari Corona Bisa Jadi Kebal asalkan Memenuhi Syarat"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest