Follow Us

Cegah Coronavirus, Mendikbud Keluarkan 8 Aturan Khusus Ujian Nasional 2020

Bayu Galih Permana - Senin, 16 Maret 2020 | 15:09
Ilustrasi pelajar
HAI-Online.com

Ilustrasi pelajar

HAI-Online.com - Meskipun beberapa wilayah mengalami perubahan karena virus corona, Kemendikbud hingga kini belum merubah jadwal Ujian Nasional 2020 secara nasional dan masih akan dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sejak awal.

Meskipun begitu, Plt. Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, dan Perbukuan, Totok Suprayitno menegaskan bahwa UN 2020 akan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam Surat Edaran Kemendikbud Nomor 3 Tahun 2020.

"Pelaksanaan UN 2020 tetap dilaksanakan sesuai jadwal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar Totok pada Rabu (11/3) kemarin, seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

8 Kententuan Khusus Ujian Nasional 2020

Beberapa ketentuan khusus terkait pencegahan sebaran wabah corona saat UN 2020 diatur sebagai berikut:

Baca Juga: Apa itu Social Distancing? Yang Jadi Saran Presiden Jokowi untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

1. Menghindari kontak fisik langsung (bersalaman, cium tangan, dan sebagainya) satu sama lain sebelum, selama, dan sesudah ujian.

2. Mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol sebelum dan sesudah ujian.

3. Tidak memaksakan hadir di sekolah bagi yang memiliki keluhan sakit dengan gejala demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan atau sesak napas. Khusus peserta ujian agar tidak memaksakan mengikuti ujian dan dapat menggantinya pada waktu yang lain.

4. Memastikan ketersediaan alat pembersih sekali pakai di depan ruang ujian.

5. Membersihkan ruang ujian sebelum dan sesudah digunakan untuk setiap sesi UN. Pembersihan dilakukan menggunakan disinfektan untuk seluruh piranti yang digunakan oleh peserta UN, seperti handel pintu, saklar lampu, komputer, papan tik (keyboard), mouse, kursi, meja, dan alat tulis.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular