Follow Us

Gara-gara Virus Corona Sekolah dan Kampus Pindah Belajar Ke E-Learning, Berikut Keunggulannya

Hai Online - Sabtu, 14 Maret 2020 | 19:30
e-learning concept. Online classes.
iStockphoto

e-learning concept. Online classes.

Hai-Online.com- Virus corona yang statusnya berubah dari Public Health Emergency of International Concern menjadi Pandemi, membuat Universitas Indonesia (UI) mengambil sikap.

Pimpinan UI menetapkan langkah-langkah lebih lanjut untuk mencegah penyebaran infeksi Covid-19 di lingkungan UI dan mengantisipasi berbagai keadaan yang mungkin terjadi, salah satunya adalah menerapkan sistem pembelajaran online atau e-learning.

Baca Juga: Wih! 7 Kampus di Indonesia Ini Sudah Menerapkan Sistem E-Learning Loh

Bukan hanya UI saja namun universitas dan sekolah lainnya di Solo juga telah menerapkan sistem belajar e-learning.

Hal ini juga di tegaskan oleh Anies Baswedan yaitu Pemprov DKI Jakarta yang meliburkan sekolah selama 2 minggu, bagi 1,5 juta peserta didik di Jakarta.

Hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona. Keputusan ini diambil berdasarkan riset yang telah dilakukan pemerintah. Anies menyimpulkan, anak-anak memiliki potensi sebagai penular virus.

"Anak-anak, mereka tidak banyak terjangkit covid19. Tetapi mereka adalah carrier / penular dari orang dewasa satu ke dewasa lainnya “, kata Anies waktu konferensi pers di Balai Kota, Jakarta.

Sementara itu, ujian dan nasional dan ujian sekolah akan diundur sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Anies menghimbau, proses belajar mengajar bisa dilakukan dari rumah dengan sistem E-learning yang di terapkan sama masing-masing sekolah ataupun Universitas.

Namun apasih sebenarnya keunggulan dari belajar via online alias E-learning ini?

• menghemat waktu proses belajar mengajar,• mengurangi biaya perjalanan,• menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku),• menjangkau wilayah geografis yang lebih luas,• melatih pelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

Pada dasarnya E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet.

E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet.

Penulis: Sesa Salsabila

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest