Follow Us

Nasionalis Banget! Ini Alasan Stand Here Alone Rilis Album Bertajuk 'Nusantara'

Hai Online - Senin, 09 Maret 2020 | 19:30
Stand Here Alone
Stand Here Alone

Stand Here Alone

HAI-Online.com - Stand Here Alone kabarnya bakal melakukan gebrakan baru di album terbarunya yang mereka kasih judul "Nusantara".

Yap, dalam album kali ini, band asal Bandung tersebut bakal mengangkat tema yang bernuansa nasionalime yang digabungin alunan pop punk yang kental.

Dan kerennya lagi, band yang populer dengan akronim SHA ini bakal berkolaborasi dengan musisi dari sejumlah daerah di Indonesia pada setiap lagunya.

Satu single dari album "Nusantara" pun udah sukses dirilis di channel YouTube , yakni sebuah lagu hasil kolaborasi dengan musisi Jawa Barat, Asep Balon, yang berjudul MODAR (Modal Sabar).

Uniknya, lagu ini menggunakan lirik yang menggunakan Bahasa Sunda secara keseluruhan namun dengan berisikan cerita ngenes khas lagu-lagu SHA.

Saat manggung di gig "Main di Barat" Sabtu 7 Maret lalu, SHA bersama Asep Balon menceritakan latar belakang dibuatnya album bernuansa nasionalis ini, yang ternyata berangkat dari keresahan SHA dan Asep Balon terhadap isu intoleransi di Indonesia.

Baca Juga: Main di Barat: Saturday Punk-coustic Jadi Ajang Silaturahmi Stand Here Alone Dkk Dengan Fans!

"Perlu digarisbawahi kalo di sini Nusantara itu bukan berarti kami tiba-tiba nasionalis. Tapi karena kami ngeliat banyak isu yang sering dijadiin pemicu perpecahan. Miris aja sih ngeliatnya," ujar Heymbenk, bassist SHA.

"Mungkin dari SHA sendiri sebagai musisi memberikan inspirasi kepada pendengar bahwa suatu perbedaan itu indah," tambah Heymbenk.

"Saya liat di media banyak banget yang buat gue jadi prihatin. Apalagi setelah ngedenger konsep album "Nusanatara" dan saya juga pertama kali juga kolaborasi bareng mereka lewat bahasa sunda, saya seneng dan salut," timpal Asep Balon.

"Menurut saya Indonesia ini juga lagi butuh semacam shock therapy dalam memandang perbedaan dan album "Nusantara" ini punya pesan ke arah situ," tambah musisi yang kemana-mana selalu pakai topeng itu.

Di peringatan Hari Musik Nasional kayak hari ini, ada baiknya juga kalo kita berhenti sejenak dengerin lagu-lagu Justin Bieber dan Black Sabbath, dan ngulik lagu-lagu lokal dengan pesan nasionalis kayak lagu SHA feat. Asep Balon ini, sob.

Setuju nggak?

Penulis: Bagas Rahadian

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest