Follow Us

Luksemburg Jadi Negara Pertama di Dunia yang Gratiskan Transportasi Umum

Ricky Nugraha - Senin, 02 Maret 2020 | 18:40
Ilustrasi angkutan umum kereta di Luksemburg
picture alliance / dpa / O. Dietze

Ilustrasi angkutan umum kereta di Luksemburg

HAI-online.com - Luksemburg telah jadi negara pertama di dunia yang menawarkan sistem transportasi umum gratis.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kemacetan yang disebabkan oleh penggunaan kendaraan pribadi, terutama mobil.

Pemerintah di Grand Duchy telah melakukan rencana itu, yang berarti bahwa semua kereta, trem, dan bus kini bisa dimanfaatkan secara gratis.

Menteri mobilitas dan pekerjaan umum, François Bausch, menggambarkan langkah itu sebagai bagian dari strategi global untuk revolusi multimodal.

Baca Juga: 5 Foto Ini Tunjukin Pentingnya Pakai Helm Demi Keselamatan Nyawa

Ia juga mengumumkan bahwa perjalanan gratis ini telah dimulai pada 29 Februari kemarin.

Kepada The Independent, juru bicara pemerintah Luksemburg mengatakan: "Karena tahun 2020 adalah tahun kabisat dan karena banyak konser dan perayaan akan diadakan besok, telah diputuskan untuk membuat transportasi umum gratis mulai besok, supaya memungkinkan semua orang datang acara-acara itu secara gratis."

Sebagian dari biaya transportasi tersebut tampaknya akan ditanggung dengan menghapuskan keringanan pajak untuk penumpang.

Cara ini diharapkan supaya orang-orang mengurangi penggunaan mobil pribadi di Luksemburg, di mana kemacetan lalu lintas merupakan masalah serius, terutama di pusat kota.

Baca Juga: Dipenjara 23 Tahun untuk Kejahatan yang Nggak Dilakukan, Pria Ini Dapat Kompensasi Puluhan Miliar Rupiah

Namun, nggak semua orang sepenuhnya yakin dengan keputusan yang bersejarah itu.

Claude Moyen, seorang guru yang bepergian dengan kereta ke sekolahnya di kota Diekirch setiap hari, mengatakan kepada The Independent bahwa ia khawatir kualitas perjalanan nantinya akan menurun.

"Aku tak yakin apakah membuat angkutan umum menjadi gratis di Luksemburg akan membuat lebih banyak orang meninggalkan mobil mereka," katanya.

Source : LAD BIBLE

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest