Follow Us

Nggak Cuma Belajar, 5 Hobi Ini Juga Bisa Bantu Otak Jadi Encer

Dok Grid - Selasa, 30 Januari 2024 | 14:29
Ilustrasi bermain game online
PIXABAY/BOKSKAPET

Ilustrasi bermain game online

HAI-online.com - Selama ini mungkin orang tau bahwa cara ampuh supaya bikin otak jadi lebih "encer" adalah dengan belajar. Memang bener sih, tapi terlalu sering belajar juga bakal bikin jenuh.

Nah biar nggak gampang jenuh, sebenernya ada sejumlah hobi mengasyikan yang juga bisa meningkatkan kemampuan otak selain belajar, termasuk di antaranya adalah bermain game. Simak langsung deh!

1. Berolahraga

Olahraga bisa meningkatkan daya ingat terhadap objek, termasuk pelajaran. Menurut penelitian Dartmouth College tahun 2009, rutin olahraga membuat otak menghasilkan suatu zat protein bernama Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF), yang berpengaruh terhadap kemampuan kognitif, misalnya, daya ingat jangka panjang terhadap apa yang dipelajari.

Supaya olahraga nggak jadi beban, pilih satu kegiatan bergerak yang paling disuka dan lakukan dengan konsisten. Misalnya berenang, bersepeda atau berskuter.

Baca Juga: Sehat Tubuh dan Otak Dimulai dari Pagi, Yuk! Jagain Sarapan dan Olahraga Kita!

2. Bermusik

Menurut penelitian Boston Children’s Hospital tahun 2014, anak-anak yang bisa bermain alat musik menunjukkan peningkatan kemampuan verbal yaitu kemampuan bicara menjadi lebih cepat lancar.

Selain itu, bermain alat musik juga bisa memengaruhi kecepatan otak dalam memproses informasi, yang berguna saat belajar atau mengerjakan soal. Semakin muda mulai belajar main musik, maka semakin banyak manfaat yang didapat.

3. Main game

Menurut penelitian Leiden University tahun 2012, bermain game bisa mengembangkan “working memory”, yaitu sebuah sistem di otak yang bertugas untuk menyimpan dan memproses informasi, baik informasi baru maupun lama.

Lalu, menurut hasil riset Charite tahun 2013, bermain game bisa memperbaiki performa navigasi ruang, perencanaan strategis, dan performa motorik.

Bahkan, bermain game selama 30 menit sehari bisa meningkatkan “gray matter” di otak, yaitu bagian otak yang menjadi pusat syaraf.

4. Praktik bahasa asing atau daerah

Sama seperti kemampuan bermain alat musik, kemampuan berbicara dalam beberapa bahasa bisa memperbaiki fungsi eksekutif pada otak.

Hasil riset Cerebrum tahun 2012 mengatakan, orang-orang bilingual lebih "jago" menyelesaikan puzzle atau teka-teki, membuat perencanaan, dan manajemen tugas, karena otaknya lebih fokus dan bisa beralih tugas dengan cepat.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest