Follow Us

Viral Dalam Dek Motor Matik Berisi Cabe, Begini Penjelasan Ahli

Ricky Nugraha - Selasa, 18 Februari 2020 | 12:10
Viral Dalam Dek Motor Matik Berisi Cabe
Twitter/rreembulan

Viral Dalam Dek Motor Matik Berisi Cabe

HAI-online.com - Sebuah postingan di Twitter belakangan viral, di mana diperlihatkan ada sejumlah cabai pada bagian dek motor matik.

Postingan yang diunggah oleh Ulan lewat akun Twitter @rreembulan itu juga menyebutkan kalau hal itu diduga dilakukan oleh tikus.

Saat mau dinyalakan, motor tersebut nggak bisa di-starter, tapi beberapa bagian seperti klakson dan lampu masih berfungsi normal.

Mengenai hal ini, Kepala Mekanik AHASS Cahaya Sakti Motor Sragen, Jawa Tengah, Joko Purnomo juga menyebut bahwa adanya cabai di dek pijakan kaki motor matik tersebut diduga dikarenakan kebiasaan tikus yang senang dengan tempat gelap dan tersembunyi untuk menyimpan makanannya.

Baca Juga: Sering Dilakukan Pemula, Ini Dampak Buruk Kebiasaan Kaki Kiri yang Menempel di Pedal Kopling Saat Menyetir

"Tikus suka tempat yang hangat, jadi bagian motor adalah tempat yang hangat, juga aman saat tikus bawa makanan ke dalam bagian mesin lewat celah yang bisa dilalui tikus," ujarnya kepada Kompas.com.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa tikus punya kebiasaan untuk menandai wilayahnya dengan air kencing. Jika sudah menandai, maka ia akan berada di tempat itu terus-terusan.

Untuk mengusir tikus dari tempat yang dianggapnya menjadi sarang itu, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menaburkan kapur barus di tempat yang sering dikunjungi oleh tikus.

Selama tikus tersebut nggak menggigit kabel mesin kendaraan, menurutnya masih aman. Namun, jika kabel di sepeda motor sudah digigiti tikus, hal tersebut tentu lain soal.

Baca Juga: Dari Luar Keliatan Normal, Bagian dalam Mobil Mini Ini Ternyata Asik Banget Buat Dipake Travelling

Sebab selain berhubungan dengan elektrikal juga bisa mengakibatkan kendaraan mogok atau nggak bisa dinyalakan normal.

"Tikus menggigit kabel body, lama-lama kabel menjadi putus, motor jadi mogok atau tidak bisa di-starter. Seperti kasus bagian cover under pada bagian motor yang viral di medsos," lanjut dia.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest