Follow Us

Banyak yang Belum Tahu, Ini Nama dan Asal Usul Garis Warna-warni yang Ada di TV

Ricky Nugraha - Senin, 17 Februari 2020 | 20:00
Garis SMPTE pada televisi
wikipedia.org

Garis SMPTE pada televisi

HAI-online.com - Saat acara yang ada di stasiun TV udah habis, biasanya kita akan melihat garis warna-warni disertai suara berdernging di layar kaca.

Garis-garis ini sering disebut dengan rainbow bars atau garis pelangi yang akan muncul saat ada gangguan siaran atau saat channel TV udah nggak menyiarkan acara.

Rainbow bars ini punya nama resmi, yaitu Society of Motion Picture and Television Engineers atau disingkat SMPTE, yang sebenarnya merupakan organisasi dari orang-orang profesional di industri hiburan, yang didirikan dari tahun 1916 untuk memberikan pedoman mengenai berbagai teknik penyiaran.

Garis-garis dengan tujuh warna utama, yaitu putih, kuning, cyan, hijau, magenta, merah, dan biru ini merupakan salah satu buah pikir mereka.

Baca Juga: Si 'Psikopat Sempurna': Dikenal Sebagai Pembunuh Berantai, Pria Ini Hanya Pilih Orang-orang Jahat Sebagai Target

Untuk fungsi dari bilah warna ini sendiri adalah sebagai pola uji televisi untuk menguji siaran televisi.

Dengan adanya bilah warna ini, maka teknisi bisa membandingkan sinyal yang diterima oleh stasiun televisi sudah diubah menjadi sinyal televisi standar dan diterima dengan baik oleh penonton televisi.

Hal ini juga berguna saat acara televisi mengalami kendala, maka dengan adanya bilah warna, maka teknisi bisa melakukan pengaturan untuk mengembalikan sinyal video ke gelombang yang tepat.

Cara kerja dari bilah warna ini adalah dengan menyamakan pola warna kontrol dengan baik. Nah, kalau sinyal video pada televisi sudah benar atau tepat, warna-warna tadi akan menyatu dan menjadi gambar yang kita lihat di televisi. Hal ini disebut sebagai mengkalibrasi monitor.

Baca Juga: Kisah 8 Diktator Terkejam di Dunia, Bunuh Jutaan Orang Demi Kekuasaan

Meskipun berbeda stasiun televisi, bilah warna pada setiap stasiun televisi akan selalu sama susunannya.

Sedangkan di bawah tujuh bilah warna, terdapat empat bilah warna lain yang berbeda dan berbentuk horisontal, yaitu biru, magenta, cyan, dan putih.

Source : Gizmodo, Bobo.grid.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest