Follow Us

Banyak yang Nggak Tahu, Ternyata Anjing Sering Kencing Menghadap Utara, Mengapa?

Ricky Nugraha - Sabtu, 18 Januari 2020 | 19:26
Ilustrasi anjing kencing
Pixabay/pcdazero

Ilustrasi anjing kencing

HAI-online.com - Buat yang pelihara anjing pasti sering perhatiin ketika dibawa jalan-jalan ke luar rumah, anjing akan sesekali buang air kecil.

Namun, pasti jarang banget yang perhatiin kalau saat buang air kecil atau air besar, anjing seringkali menghadap ke arah utara.

Menurut ilmuwan, perilaku anjing ini bukan merupakan kebetulan karena berhubungan dengan magnet Bumi.

Anjing merupakan hewan yang punya kemampuan magnetoreception sebagai pedoman arah. Magnetoreception adalah kemampuan hewan untuk merasakan medan magnet di Bumi.

Baca Juga: Biasanya Panas dan Kering, Wilayah di Arab Saudi Ini Kini Diselimuti Salju

Seperti yang kita tahu, Bumi memiliki dua sumbu magnetik yang berada di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Keberadaan medan magnet Bumi itu sangat penting bagi kehidupan di Bumi.

Lalu, apa sebenarnya hubungan medan magnet ini dengan arah anjing saat buang air?

Anjing memang suka berputar-putar ke berbagai arah sebelum buang air atau tidur. Ternyata, anjing sedang memastikan posisi tubuhnya dengan poros magnet Bumi.

Anjing cenderung menghadap ke utara saat siang hari, saat medan magnet Bumi lebih tenang. Saat medan magnet Bumi naik turun, anjing juga menghindari menghadap ke poros timur atau barat.

Baca Juga: 2 Pulau di Indonesia Tenggelam dan 4 Lainnya Terancam Akibat Naiknya Permukaan Air Laut

Menurut ilmuwan, kemungkinan perilaku ini berhubungan dengan kemampuan anjing menemukan arah pulang dan berhubungan dengan wilayah teritorial anjing.

Seperti yang kita tahu, anjing memiliki wilayah “kekuasaan” berupa tempat yang ditinggali atau dikunjungi. Kotoran dan urin anjing mengandung informasi berupa usia, jenis kelamin, kesehatan, dan yang lainnya.

Source : Bobo.grid.id, Science ABC

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest