Follow Us

2 Pulau di Indonesia Tenggelam dan 4 Lainnya Terancam Akibat Naiknya Permukaan Air Laut

Ricky Nugraha - Jumat, 17 Januari 2020 | 13:00
Ilustrasi pulau
Pexels/ Asad Photo Maldives

Ilustrasi pulau

HAI-online.com - Perubahan iklim global kini makin menunjukkan pengaruhnya di berbagai penjuru dunia. Bahkan di Indonesia, dampak perubahan iklim ini juga mulai terlihat.

Melansir dari The Star, dua pulau di Sumatra dilaporkan telah tenggelam akibat naiknya permukaan air laut sebagai dampak dari perubahan iklim.

Menurut data dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), dua pulau yang dimaksud, Betet dan Gundul, telah terendam pada kedalaman 1m dan 3m di bawah permukaan laut.

“Pulau-pulau ini tidak berpenghuni. Salah satu pulau, Betet, adalah bagian dari Taman Nasional Berbak-Sembilang,” ujar direktur eksekutif Walhi Sumatra Selatan, Hairul Sobri.

Baca Juga: Berhasil Selamat 5 Kali dari Kepunahan Massal di Bumi, Ilmuwan Temukan Kelemahan Hewan Terkuat di Dunia

Jika kenaikan permukaan laut terus berlanjut, maka empat pulau lainnya, yaitu Pulau Burung, Pulau Kalong, Pulau Salah Namo dan Pulau Kramat, akan kena dampak selanjutnya karena berada di kisaran 0m sampai 3m di atas permukaan laut.

Saat ini, ada 23 pulau kecil di pantai timur Banyuasin, Sumatra Selatan dan beberapa di antaranya, termasuk Pulau Salah Namo yang hampir tenggelam, masih dihuni orang.

Kepala unit lingkungan di Pulau Salah Namo, Syahrul, mengatakan bahwa mereka sudah menyadari naiknya permukaan laut dan adanya risiko pulau itu akan terendam.

Para penduduk pun mulai memindahkan rumah mereka jauh dari tempat awal rumah mereka dibangun.

Baca Juga: Yakin Mau Ngerasain Salju? Ini 5 Masalah yang Bakal Muncul Saat Tinggal di Negara Bermusim Dingin

Syahrul menambahkan bahwa awalnya ada lahan besar di depan rumah-rumah penduduk di mana mereka dapat melakukan sejumlah kegiatan, tapi segalanya telah berubah sekarang.

"Tidak ada lahan lagi di depan rumah kami. Banyak orang juga telah pindah dari sini," ujar Syahrul.

Source : The Star

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest