Follow Us

Pertama Kali di Indonesia, Singing Road Diterapkan di Tol Trans-Jawa, Ini Tujuannya

Ricky Nugraha - Selasa, 07 Januari 2020 | 20:15
Ilustrasi rambu Singing Road atau Musical Road alias jalan bernada yang bisa mengeluarkan suara saat dilindas kendaraan.
(KRQE.com)

Ilustrasi rambu Singing Road atau Musical Road alias jalan bernada yang bisa mengeluarkan suara saat dilindas kendaraan.

HAI-online.com - Singing road atau jalan bernada telah diterapkan pertama kali di Indonesia, tepatnya di Tol Trans-Jawa sejak Desember 2019 lalu.

Singing road yang berupa marka jalan berbentuk rumble strip ini dipasang di lajur dua jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri, tepatnya di KM 644+200 B (arah Madiun-Solo).

GM Operasi dan Pemeliharaan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Agus Hariyanto mengatakan, fungsi dari singing road adalah untuk mengembalikan fokus pengemudi agar dapat berkonsentrasi kembali.

Seperti diketahui, ruas tol Trans-Jawa yang didominasi jalan lurus memang dapat membuat pengemudi lengah.

Baca Juga: Biar Nggak Jatuh dari Motor, Begini Teknik Mengerem yang Benar Pas Lewat Jalanan Banjir

Biasanya karena kondisi yang membosankan, rasa mengantuk akan timbul saat melewati ruas jalan ini.

“Lokasi yang kami pilih tersebut merupakan hasil evaluasi, di mana lokasi itu adalah titik lelah pengemudi, sehingga pengemudi kurang fokus saat menyetir,” ujarnya kepada Kompas.com.

“Nah, fungsi dari jalan bernada atau singing road ini digunakan untuk mengembalikan fokus pengemudi agar berkonsentrasi kembali,” kata Agus.

Pengendara yang melintasi ruas tersebut nantinya akan mendengarkan alunan nada lagu “Happy Birthday”.

Baca Juga: Jangan Langsung Menyalakan Motor yang Habis Terendam Banjir, Ini Alasannya

Selain di Indonesia, sejumlah negara di dunia ternyata sudah memasang Singing Road. Meskipun setiap negara tersebut mempunyai penyebutan yang berbeda, tetapi pada dasarnya adalah sama.

Seperti di Jepang dengan Melody Road yang sudah dipasang sejak tahun 2007, di Belanda yang memperdengarkan lagu kebangsaannya, serta ada juga di Korea Selatan, Amerika Serikat, Meksiko dan Alabama.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest