Follow Us

Terlalu Banyak Minum Air Ternyata Bisa Bikin Keracunan hingga Kematian, Begini Penjelasannya

Bayu Galih Permana - Senin, 06 Januari 2020 | 20:10
Ilustrasi minum air
PIXABAY/OLICHEL

Ilustrasi minum air

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, minum air selama ini sudah menjadi kebutuhan utama yang diperlukan oleh manusia karena tubuh nantinya akan mengalami dehidrasi apabila mereka nggak mengonsumsi cairan.

Meskipun diperlukan tubuh, meminum air secara berlebihan ternyata dapat membahayakan tubuh dan otak manusia, bahkan bisa berujung dengan keracunan.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, kondisi ini sendiri terjadi karena ginjal kewalahan dalam memproses air berlebih, di mana hal itu kemudian menyebabkan kadar natrium dalam darah menjadi nggak seimbang.

Ngerinya lagi, dalam beberapa kasus ekstrem, terlalu banyak mengonsumsi air secara berlebihan bisa sampai menyebabkan nyawa melayang.

Baca Juga: Ngeri, Pengguna Xiaomi Mi Home Security Camera Malah Dapet Akses ke Rumah Orang Lain dengan Mudah

Sama seperti halnya temuan yang muncul dalam Journal of Clinic Pathology tahun 2003, di mana seorang wanita berusia 64 tahun ditemukan tewas pada malam setelah dia meminum 30 hingga 40 gelas air.

Menurut para peneliti, penyebab kematian dari wanita tersebut merupakan akibat dari keracunan air atau lebih dikenal dengan sebutan hiponatremia.

Dampak Terhadap Sel Tubuh

Dalam keadaan normal, sel tubuh dikelilingi dengan larutan dari natrium dan air dengan kadar seimbang yang nantinya akan mengalir masuk dan keluar melalui lubang kecil di membran sel.

Ketika kita minum terlalu banyak air, konsentrasi larutan ini nantinya akan menjadi nggak seimbang (dilusi) yang menyebabkan kelebihan air memasuki sel hingga akhirnya membuat sel-sel tersebut mengalami pembengkakan.

Baca Juga: Tangan Sering Berkeringat Jadi Tanda Penyakit Jantung, Begini Penjelasan Dokter

Halaman Selanjutnya

Dampak Terhadap Otak
1 2

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest