Follow Us

Ini Dia Rekaman Lagu Pertama The Smiths, Hasil Cover Girl Band Tahun 60-an

Ricky Nugraha - Senin, 23 Desember 2019 | 10:57
The Smiths
Wright Photo/Rhino Records

The Smiths

HAI-online.com - Para penggemar berat The Smiths mungkin udah tahu kalau lagu pertama yang direkam oleh band rock Inggris tersebut adalah sebuah lagu cover.

Lagu tersebut direkam pada tahun 1982 silam dan merupakan salah satu lagu milik The Cookies, grup vokal wanita tahun 60-an, yang berjudul “I Want a Boy for My Birthday”.

Cuplikan kasar lagu tersebut memang telah beredar, tapi nggak ada versi lengkapnya yang beredar secara online, sampai beberapa waktu lalu.

Lagu yang direkam oleh Johnny Marr dan Morrisey tersebut dibagikan oleh Dale Hibbert, seorang recording engineer yang juga pernah bermain bass untuk The Smiths dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: Bikin Gigs di Restoran Terus Rusuh, Band Hardcore Ini Galang Donasi Buat Ganti Rugi

Dengan durasi hampir 3 menit, lagu cover ini menampilkan perpaduan suara vokal bariton halus dari Morrissey serta petikan riff gitar Johnny Marr dalam rekaman yang masih seadanya.

Lagu ini adalah arsip langka yang menggambarkan sedikit tentang kecakapan artistik Morrissey, sebelum kini ia makin tenggelam di pandangan politiknya yang kuat.

Menurut jurnalis Simon Goddard dalam bukunya Songs That Saved Your Life (Edisi Revisi): The Art of The Smiths 1982-87, "dokumen paling awal yang diketahui dalam sejarah rekaman The Smiths berasal dari sesi latihan di loteng yang dilakukan Morrissey, Marr dan Hibbert."

Lagu B-side dari The Cookies tahun 1963 tersebut direkam oleh Johnny Marr dan Morrisey supaya Dale Hibbert, yang saat itu jadi teknisi rekaman, supaya bisa mempelajari melodi guna mempersiapkan sesi demo pertama The Smiths.

Baca Juga: Ditegur karena Ambil Foto Diem-diem, Cowok Ini Malah Dapet Ayam McD dari Rich Brian

Cover itu merupakan ide Morrissey. Johnny Marr sendiri mengaku belum pernah mendengarnya, tapi ia sangat antusias untuk memperdengarkan lagu itu ke banyak orang.

Penasaran seperti apa lagunya? Dengerin langsung deh di bawah ini.

Source : Hypebeast

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest